Hidayatullah : Anggaran KPU Tidak Boleh Dipotong

SUARAKENDARI.COM, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara, Hidayatullah menegaskan kepada pemerintah daerah penyenggara Pilkada serentak agar tidak memotong anggaran pilkada.

“Saya tegaskan kalau sudah ada usulan anggaran, agar pemerintah jangan memotong anggaran yang sudah disetujui karena sebagai penyelenggara pasti butuh dana, kalau tiba-tiba anggarannya tidak cukup maka akan repot,” katanya, Kamis (22/10/2015).

Menurutnya, tidak masalah dengan jumlah anggaran yang diusulkan oleh kpu, karena pasca pilkada akan ada yang namanya audit, sehingga seluruh anggaran yang telah digunakan pasti akan diperiksa peruntukkannya. “Harus bisa membuat laporan pertanggung jawaban karena pasti akan diaudit, tidak boleh berani bermain dengan anggaran,” ujarnya.

Dikatakannya, jika pemda melakukan pemotontan terhadap anggaran penyelenggaraan pilkada, maka ia tidak segan-segan melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

“Kalau ada yang namanya pemotongan maka saya laporkan ke polisi karena ini pidana bisa menghambat pelaksanaan pilkada,” tegasnya.

Ia juga sudah mengkoordinasikan hal tersebut kepada seluruh penyelenggara pilkada untuk menjalankan proses pilkada sesuai dengan anggaran yang diberikan, sehingga pemerintah juga harus ikut memperhitungkan jika ingin sama-sama menyukseskan pilkada serentak. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *