Connect with us

Hari Pertama Masa Tenang, Atribut Kampanye di Kendari Masih Marak

Hukum & Kriminal

Hari Pertama Masa Tenang, Atribut Kampanye di Kendari Masih Marak

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) dan petugas satuan polisi pamong praja (Sat Pol PP) kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu(6/4/2014) mencopot sejumalh atribut kampanye. Hal ini dilakukan karena tepat pukul 00.00 wita sudah memasuki masa tenang pemilu legislatif, 9 April mendatang.

Tak hanya Panwaslu dan petugas Sat Pol PP, penertiban alat peraga kampanye secara simbolik di ruas jalan Abdullah Silondae Kendari, juga disaksikan Kapolda Sultra Brigjen Pol Arkian Lubis, Ketua Bawaslu Provinsi Sultra Hamiruddin Udu, Ketua KPU Sultra Hidayatullah dan Kapolres Kendari AKBP Anjar Wicaksana.

Pembersihan atribut kampanye ini, baru menyasar baliho-baliho besar yang terpampang di jalan protokol kota Kendari.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sat Pol PP, KPUD dan pengurus partai politik untuk membersihkan alat peraga kampanye di masa tenang.

” Kita targetnya sehari sebelum Pemilu harus sudah bersih. Tetapi sebentar sore kita akan rapat evaluasi sudah sejauhmana teman-teman Pol PP bekerja, kalau presentasinya tidak bisa selesai sampai tanggal 8 April, maka bisa dimungkinkan ada penambahan personil Sat Pol PP,” katanya, Minggu (6/4/2014) usai penertiban atribut kampanye.

Pihaknya lanjut Hamiruddin, pembersihan dimulai hari ini tim gabungan instansi, namun baru pada baliho-baliho besar. Selanjutnya, petugas gabungan di tingkat kecamatan juga diminta membersihkan atribut di wilayahnya, termasuk partai-partai politik dan calon legislator yang memasang atribut di mana pun.

“Sebenarnya yang mencopot alat peraga kampanye itu para pemasangnya. Kami juga sudah menyurati pegurus parpol dan calon anggota DPD RI untuk menurunkan sendiri alat peraga, tapi nyatanya masih terpampang di ruas jalan,”ujarnya.

Pantauan di ruas jalan Abdullah Silondae Kendari, spanduk-spanduk kecil, poster, dan baliho besar masih marak terpasang. Petugas Sat Pol PP terpaksa memanjat billboard besar yang terpasang gambar Presiden PKS Anis Matta, Istri Gubernur caleg DPR RI dari PAN Asnawati Hasan dan anggota DPR RI asal partai Golkar Oheo Sinapoy.

Di lokasi yang sama beberapa bendera partai Demokrat masih terpasang di atas pohon dan tiang panggung bekas kampanye. Sementara di beberapa ruas jalan dalam kota Kendari, alat peraga kampanye masih berdiri tegak, baik itu billboard maupun bendera parpol.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top