Connect with us

Harga Sembako Melambung, Warga Menjerit

Bisnis

Harga Sembako Melambung, Warga Menjerit

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Harga Sembilan pokok terus melambung di pasar-pasar tradisonal di Kota Kendari. Pedagang seolah saling berlomba menaikkan harga tanpa memikirkan daya jangkau beli masyarakat dimomen ramadhan. Harga-harga seperti ikan, daging dan bumbu dapur naik dengan kisaran yang mencolok dan membuat ibu rumah tangga menjerit.

Harga ikan misalnya, jenis cakalang mencapai Rp 45.000 per ekor ukuran kecil. Harga ayam mencapai Rp 60.000 per ekor dan harga daging sapi menembus angka Rp 100.000/kilogram. Untuk harga bumbu dapur dan kebutuhan berbuka puasa juga melambung tinggi. Harga gula merah mencapai Rp 20.000 perbutir, kelapa muda mencapai Rp 8000 per butir. “Kita bawa uang seratus ribu dapatnya hanya berapa potong bahan, benar-benar tidak cukup untuk makan sekeluarga,”keluh Rosmawati, seorang ibu rumah tangga di Kendari.

Tak Melambungnya harga sembako ini seyogyanya mendapat perhatian, namun sayang hingga kini, belum ada langkah kongrit pemerintah kota Kendari menyikapi fenomena tahunan ini. Jika terus dibiarkan akan membuat warga khususnya warga ekonomi lemah akibat daya beli yang kurang. Dan bukan mustahil warga akan kian terpuruk dan menciptakan laju inflasi terus meningkat yang pada gilirannya kemiskinan terus bertambah.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis inflasi Kota Kendari pada Juni 2014 yakni sebesar 0,94 persen. Demikian dikatakan Kepala Bidang Statistik BPS Sultra, Wa Salima di Kantor BPS Sultra, Selasa (1/7/2014).

“Kita mencatat inflasi Kota Kendari pada Juni 2014 yakni sebesar 0,94 persen, sementara untuk inflasi tahun kelender dari Januari hingga Juni yakni 0,51 persen, sementara year on year yakni 4,21 persen,” jelasnya.

Kurangnya perhatian pemerintah ini semakin seolah menasbihkan ketidakpedulian pemerintah kota kendari pada kondisi yang dialami warganya. Mustinya pemerintah segera menyikapi dengan member solusi kepada rakyat, apakah dengan menggelar pasar murah atau sejenisnya. YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top