Connect with us

Harga BBM Naik, Sopir Angkot Mogok

Metro

Harga BBM Naik, Sopir Angkot Mogok

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM – Ratusan sopir angkutan Kota (Angkot) berbagai rute dalam Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (18/11/2014) menggelar aksi mogok, pasca kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah.

Para sopir berkumpul di alun-alun kota, jalan Abdullah Silondae, Kendari mulai pukul 08.00 Wita, kemudian menuju kantor walikota Kendari.

Pantauan di beberapa ruas jalan dalam Kota Kendari, sopir menurunkan penumpangnya di tengah jalan dan menuju alun-alun kota.

“Kami tidak mau angkut penumpang dulu, sampai ada keputusan pemerintah kota untuk menaikkan tarif retribusi angkot di Kota Kendari,” ungkap Agus Salim, koordinator sopir  angkot dalam Kendari, Selasa (16/11/2014).

Ia meminta pemerintah kota untuk menaikkan tarif angkot dalam kota sebesar 25 sampai 30 persen.

“Usulan kami ke pemkot Kendari  naikkan tarif untuk pelajar dan mahasiswa dari Rp. 2500 menjadi Rp. 4000, penumpang umum dari Rp. 4000 menjadi Rp. 6000. Karena setelah naik BBM harga bahan pokok juga naik, begitu juga dengan setoran ke pemilik angkot pasti naik mi,” katanya.

Agus mengaku, belum berani menaikkan tarif angkot sebelum keluar surat keputusan Walikota Kendari.

” Kalau kita naikkan tanpa ada dasarnya dari pemerintah kota, nanti kita bisa ribut dengan penumpang,” tukasnya.

Sementara itu, dihadapan perwakilan

sopir angkot, Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba menjelaskan bahwa pihaknya akan mengagendakan pertemuan dengan semua unsur terkait.

“Pada intinya kami akan mengambil solusi terbaik untuk saudara-saudara, tetapi kita tunggu dulu keputusan dari Dirjen perhubungan RI. Jika belum penyesuaian tarif, maka Walikota bisa mengeluarkan keputusan,” terang Musadar, di ruangan rapat Pemkot Kendari,

Para sopir kemudian melanjutkan aksinya di gedung DPRD Sultra. Namun, di gedung wakil rakyat itu, para sopir tak berhasil ditemui oleh satupun anggota dewan. Mereka lalu membubarkan diri dengan tertib. (Kiki).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top