Connect with us

Hanya PDIP Serahkan Laporan Dana Kampanye

Hukum & Kriminal

Hanya PDIP Serahkan Laporan Dana Kampanye

 

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Menjelang batas akhir penyerahan laporan dana kampanye yang harus diserahkan Partai Politik (Parpol) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga saat ini masih banyak parpol yang belum menyerahkan laporannya. Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Sultra, Tina Dian Ekawati Taridala.

“Sampai saat ini baru satu parpol yang menyerahkan laporannya yakni PDIP, tapi itupun belum sempurna, masih ada beberapa yang belum sempurna pengisian format laporannya, sementara PKB hanya datang untuk melakukan konsultasi saja,” terang Tina, Selasa (25/2/2014).

Ia menyayangkan apa yang dilakukan oleh sejumlah parpol tersebut, padahal selama ini pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada seluruh parpol jika mengalami kesulitan dalam melakukan pengisian format laporan dana kampanye. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sangat membuka diri untuk membantu parpol.

“Kami bisa bantu untuk isi formatnya, tapi bukan berarti kami yang isikan, silahkan tanyakan apa yang tidak dimengerti akan dijelaskan, tapi sejauh ini tidak ada juga yang mau datang untuk bertanya,” ujarnya.

Kendala terbesar yang ditemuinya, yang menjadi alasan dari parpol terlambat menyerahkan laporan tersebut karena bingung dalam mengisi format tersebut. Laporan dana kampanye yang harus diserahkan tersebut terdiri atas tiga yakni sumbangan dana kampanye tahap dua, laporan rekening khusus dan penerimaan dana kampanye yang batas akhirnya itu jatuh pada tanggal 2 Maret mendatang.

Sanksi tegas yang akan diberikan kepada parpol jika tidak menyerahkan laporan dana kampanye maka dapat didiskualifikasi sebagai peserta sehingga tidak bisa lagi ikut dalam pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 9 April 2014 mendatang. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top