Connect with us

Hanya Dua Daerah Tetapkan UMK

Metro

Hanya Dua Daerah Tetapkan UMK

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Hingga saat ini tercatat dua kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sudah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), sementara kabupaten/kota lainnya belum menetapkan. Hal tersebut diungkapkan Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Makner Sinaga.

Menurutnya, dua kabupaten/kota yang telah menetapkan UMK yakni Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka yang terdiri dari sektor umum dan bangunan.

“Untuk Kota Kendari UMK yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur No 86 Tahun 2013 dengan besaran untuk sektor umum sebesar Rp. 1.600.000,00 dan sektor bangunan sebesar Rp. 1.700.000,00 sementara untuk Kabupaten Kolaka berdasarkan Peraturan Gubernur No 88 Tahun 2013 yang terdiri dari sektor umum sebesar Rp. 1.650.000,00 dan sektor bangunan sebesar Rp. 1.800.000,00,” jelasnya.

Belum ditetapkannya UMK di kabupaten/kota lainnya disebabkan tidak ada serikat pekerja yang bisa mengusul ke dewan pengupahan. Dimana yang berwenang untuk menetapkan UMK yakni dewan pengupahan.

“Pada dasarnya kewenangan untuk menetapkan UMK berada pada dewan pengupahan yang syaratnta itu tripatri yakni ada organisasi pengusaha dan unsur serikat pekerja, mungkin yang menjadi kendalanya saat ini tidak ada serikat pekerja jadi sulit untuk menentukan UMK,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap diseluruh wilayah kabupaten/kota yang belum menetapkan UMK karena terkendala pada serikat pekerja agar segera membentuk serikat pekerja.

Ia juga menambahkan bahwa Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk Sultra sendiri yakni sektor umum sebesar Rp. 1.400.000,00 dan sektor bangunan sebesar Rp. 1.550.000,00. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top