Connect with us

Hanura, PPP, Nasdem Bentuk Fraksi Restorasi Persatuan Nurani Rakyat

PPP

Pilkada

Hanura, PPP, Nasdem Bentuk Fraksi Restorasi Persatuan Nurani Rakyat

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Setelah pelantikan yang dilakukan terhadap 45 anggota dewan terpilih tingkat provinsi, saat ini seluruh partai pemenang tersebut sedang membahas koalisi untuk membentuk satu fraksi di dewan. Setelah melakukan kesepakatan bersama, akhirnya tiga partai yang berhasil mendapapatkan delapan kursi yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) sepakat untuk berkoalisi membentuk satu fraksi.

Ketua DPW PPP Sultra, La Ode Songko Panatagama menjelaskan bahwa ketiga partai tersebut yang berhasil mendapatkan delapan kursi, sepakat untuk menjadi satu koalisi membentuk fraksi Restorasi Persatuan Nurani Rakyat (RPNR).

“Kami tidak hanya sepakat untuk DPRD Provinsi saja, tetapi kami juga telah sepakat untuk seluruh DPRD yang ada di kabupaten/kota, sehingga kami akan tetap searah untuk partai-partai kami,” jelasnya.

Ia menilai kekuatan fraksi yang telah dibentuk tersebut hampir sama dengan kekuatan PAN yang mendapatkan perolehan kursi sebanyak sembilan kursi. “Kalau PAN memiliki sembilan kursi, tentunya hampir sama dengan kekuatan kami karena jika kami bersatu dengan perolehan delapam kursi artinya kami hanya selisih satu kursi saja,” ujarnya.

Dikatakannya, koalisi tersebut dibangun untuk kurun waktu yang lama, sehingga membuka kemungkinan jika koalisi tiga partai itu kedepannya akan bersama-sama mengusung kandidat bupati, walikota atau gubernur. “Kami hanya niat untuk terus bersama-sama, jadi kalau pilkada, kami tidak perlu lagi susah-susah untuk mencari yang searah dengan kami, sudah ada koalisi yang terbentuk,” tukasnya.

Sesuai kesepakatan bersama, Yati Lukman Abunawas diangkat sebagai ketua fraksi, sekretaris dijabat oleh Hanura dan jabatan sebagai PPP diberikan kepada Syafruddin dari PPP. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top