Hadapi MEA, Pelaku Usaha Dibekali Pelatihan

0

SUARAKENDARI.COM, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah mulai dilakukan sejak Desember 2015 tentu saja akan memberikan dampak bagi seluruh masyarakat. Pasalnya, seluruh anggota ASEAN akan sama-sama bersaing. Tentu saja, Indonesia yang menjadi satu bagian didalamnya juga sudah harus memiliki persiapan tersendiri.

Dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara, Siti Saleha, guna menghadapi persaingan dengan negara-negara lain, maka bagi pelaku usaha sudah diberikan pelatihan. Bukan hanya sekedar pelatihan saja, tetapi pula didukung dengan adanya bantuan modal usaha.

“Kami sudah memiliki program-program yang berkaitan dengan pelaksanaan menghadapi MEA, kami berusaha untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha yang terdata untuk meningkatkan kualitas yang ada terhadap produk yang diproduksi,” terangnya.

Persaingan terhadap anggota ASEAN lainnya, kata Saleha bukanlah hal yang perlu ditakutkan, justru sebaliknya. Hal itu dinilai sebagai hal positif yang bisa membangun dan dijadikan sebagai tantangan baru untuk membangun usaha yang sudah ada.

“Justru disini kita akan mampu membuktikan kepada negara-negara lain bahwa kita juga memiliki produk yang bisa dijual bukan hanya dari segi kualitas saja, tetapi kemasannya juga harus diperbaiki, sehingga negara lain akan lebih melirik apa yang kita jual,” tukasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada para pelaku usaha agar tidak putus ada dengan adanya atau masuknya negara-negara anggota ASEAN, justru harus lebih bersemangat dan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan mampu bersaing. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.