Connect with us

Hadapi Gugatan Prabowo-Hatta, KPU Sultra Buka 394 Kotak Suara

Hukum & Kriminal

Hadapi Gugatan Prabowo-Hatta, KPU Sultra Buka 394 Kotak Suara

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara membuka 394 kotak suara di 12 Kabupaten/kota setempat, untuk menghadapi sengketa pemilihan presiden yang tengah disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua KPUD Propinsi Sulawesi Tenggara, Hidayatullah pembongkaran kotak suara tersebut berdasarkan surat dari KPU RI, terkait materi gugatan tambahan pasangan capres Prabowo–Hatta.

“Benar ada nama Propinsi Sulawesi Tenggara sebagai salah satu daerah yang kotak suaranya harus dibuka kembali. Khusus di Sulawesi Tengara, ada sekitar 394 kotak yang menjadi lotus dalam gugatan pemohon. Ada 4.849 TPS di Sultra, Kota Kendari dan Kolaka menjadi daerah yang paling banyak kotak suaranya yang harus dibuka,” Jelas Hidayatullah saat dikonfirmasi, Minggu (10/8/2014).

TPS yang kotak suaranya dibuka kata Dayat, sapaan akrab ketua KPU Sultra terbagi dalam tiga permasalahaan. Seperti dituding tim Prabowo- Hatta adanya jumlah pengguna hak pilih di DPTB lebih besar dari jumlah pemilih terdaftar dalam DPTB.

“ Jumlah semua hak pilih yang tidak sama dengan surat suara yang digunakan dan jumlah suara sah dan tidak, lalu yang digugat berikutnya, Pengguna hak pilih dalam DPKTB atau pengguna KTP atau identitas lain yang lebih besar dari pemilih yang terdaftar dalam DPKPB atau pengguna KTP atau identitas,” terangnya.

Pada proses pembongkaran kotak suara itu pihak KPUD Kabupaten/Kota se-Sultra, mengundang sejumlah pihak terkait seperti Panwas, saksi kedua pasangan capres dan aparat Kepolisian.

“Dokumen yang kita ambil dalam kotak suara itu adalah formulir C1, plano yang berhologram, kemudian C1 kecil yang berhologram, A5, serta C7. Nantinya semua ini akan menjadi alat bukti dan kita serahkan ke KPU RI untuk bahan tambahan di MK nanti,” terangnya.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Kendari, Zainal Abidin membenarkan pembukaan kotak suara hasil pilpres 9 Juli lalu. Proses pembongkaran kotak suara itu disaksikan pihak Panwaslu, saksi dua pasangan capres dan polisi.

“ Sudah kemarin kami buka 73 kotak suara di 10 Kecamatan, khusus kecamatan Puwatu hanya ada satu TPS. Dokumen yang kita ambil adalah formulir C7, C1 hologram setelah difotocopy, aslinya dikembalikan ke dalam kotak suara,” pangkasnya.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top