Connect with us

Gubernur Sultra Terima Penghargaan Keaksaraan

Gubernur Sultra Terima Penghargaan Keaksaraan

Suara Pendidikan

Gubernur Sultra Terima Penghargaan Keaksaraan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Tepat pada Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) yang jatuh setiap tanggal 20 September, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, mendapatkan Penghargaan Keaksaraan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Eks MTQ Kendari, Sultra, Sabtu (20/9/2014).

Penghargaan yang diberikan kepada Nur Alam merupakan sebuah apresiasi karena Sultra dinilai mampu menekan buta aksara, sehingga dinilai berhasil dalam menjalankan pendidikan serta meningkatkan mutu pendidikan di Sultra.

“Kita harus mengapresiasi setiap wilayah atau provinsi yang bisa menunjukkan komitmennya untuk terus memerangi buta aksara, apa yang dilakukan Sultra tentu sudah memiliki bukti yang nyata dengan semakin sedikitnya buta aksara yang ada di Sultra,” katanya.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini jumlah buta aksara yang ada di Sultra yakni 3,66 persen dari jumlah penduduk yang ada, itu artinya buta aksara yang ada di Sultra berada dibawah angka nasional. Dimana, secara nasional buta aksara berjumlah 4,16 persen.

Untuk terus membuktikan komitmen yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sultra yakni dengan mendorong Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang tidak hanya diberikan kepada sekolah formal saja, melainkan juga diberikan untuk sekolah informal.

“Saat ini kami juga mengalihkan pemberian BOP untuk sekolah informal seperti Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), sehingga kami terus berbenah diri untuk tetap konsisten memerangi buta aksara,” kata Nur Alam. (LINA))

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top