Connect with us

Nur Alam Diberi Gelar Adat Apuno Mokole

Hukum & Kriminal

Nur Alam Diberi Gelar Adat Apuno Mokole

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, diberi gelar adat Apuno Mokole Tolaki Konawe yang artinya Raja Konawe. Gelar tersebut diberikan oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT), di Eks MTQ Kendari, Senin (21/4/2014).

Sebelum gelar tersebut diberikan kepada Nur Alam, serangkaian kegiatan dilakukan diawali dengan Mombesara atau penyambutan adat yang dilakukan kepada tamu yang diagungkan. Nur Alam yang didampingi istrinya, Asnawaty Hasan disambut dengan sejumlah tarian.

Selain itu juga, pada proses tersebut dilakukan Mosehe Wonua atau tolak bala. Dalam prosesi tersebut dipercayai bahwa Mosehe Wonua dilakukan untuk pencucian kampung yang ditandai dengan pemotongan kerbau putih, sehingga daerah tersebut bisa terhindar dari mara bahaya.

Ketua LAT Sultra, Mansyur Masie, mengatakan bahwa pemberian gelar adat seperti yang dilakukan hari itu bukan untuk pertama kalinya, melainkan sudah sering diberikan kepada orang yang ditokohkan.

“Dengan pemberian adat yang kami lakukan hari ini tentunya kami berharap agar dapat memimpin jauh lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, mengatakan bahwa dengan gelar adat yang diberikan kepadanya itu merupakan amanah yang harus dijalankannya. Pasalnya, pemberian gelar adat tidak sembarangan diberikan.

“Gelar ini merupakan amanah yang besar karena persatuan raja-raja, dengan gelar ini saya juga berharap dapat memperkokoh persatuan kita dan bisa membangun Sultra jauh lebih baik lagi,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan gelar tersebut tidak berarti ia akan menjadi penguasa sepenuhnya, melainkan hanya meminta dukungan kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk bisa bersama-sama membangun Sultra. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top