Connect with us

Gubernur Sikapi PHK Massal Pekerja Tambang

Metro

Gubernur Sikapi PHK Massal Pekerja Tambang

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Gubernur Sultra Nur Alam menilai PHK massal terhadap pekerja tambang di Sultra bersifat sementara. Pihaknya akan mengidentifiksi penduduk lokal yang kehilangan lapangan kerja dan perbedaan pro meterial dan material yang sudah diproses.

“ Begini, jangan terlalau emosional menyikapi persoalan ini, pertama, secara jujur yang ingin saya katakan, coba identifikasi berapa banyak penduduk lokal yang kehilangan lapangan kerja. Jangan sampai lebih banyak orang kehilangan pekerjaan, adalah warga di luar Sulawesi Tenggara, dan tenaga kerja yang datang ini merugikan segmen lapangan kerja penduduk lokal,”tegas Nur Alam.

Menurutnya, pemberlakuan PP Nomor 1 tahun 2014 sebuah proses yang harus dilalui, untuk peningkatan kapasitas, baik dunia usaha dari trading pro material menjadi pengusaha industri. “Beda pro material dan barang yang sudah diproses, baik dari sisi kualitas, kuantitas maupun harga, dengan demikian ini akan memberikan multiplayer efek yang lebih luang,” ujarnya.

Dikatakan, PHK hanya bersifat sementara. Sebab masih banyak lapangan kerja lain yang dapat menjadi kompensasi atau yang bisa dikompensikan dalam melakukan mata pencarian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Ekspor sudah tutup, itu sikap pemerintah. Kalau ada aksi, itu hak setiap orang untuk menyampaikan aspirasi, tetapi tidak mungkin lagi ketentuan undang-undang akan dicabut, sebab undang-undang itu juga dibuat untuk kepentingan masyarakat.”jelasnya.

Nur Alam juga menyesalkan sikap pengusaha yang belum juga membangun pabrik seperti ketentuan UU Minerba nomor 4 tahun 2009. “ Sudah lima tahun disosialisasi, seharusnya para pengusaha dari lima tahun yang lalu, sudah bersiap-siap mengembangkan dan meningkatkan kapasitasnya, tetapi yang terjadi tidak demikian, seolah-olah pemerintah dianggap main-main dan mengira pada tahun 2014 ekspor akan dibuka, padahal tidak kan?,” tegasnya.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top