Connect with us

Gubernur Percayakan Kolaka Jadi Tuan Rumah Gerakan Tanam Kedelai

Advertorial

Gubernur Percayakan Kolaka Jadi Tuan Rumah Gerakan Tanam Kedelai

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Progres kerja Bupati Kolaka, Ahmad Safei sepertinya kian Nampak. Usai menggelar sejumlah pertemuan terkait rencana menjadikan cengkeh sebagai hasil kebun unggulan di Kolaka, kini petani juga disuguhkan konsep yang tidak kalah, yaitu tanaman kedelai.

Maka dari itu dijadwalkan awal September nanti, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam dikabarkan akan berkunjung di Kolaka guna melihat secara langsung program tanaman kedelai yang dipelopori oleh Pemda Kolaka bekerja sama dengan pihak dari TNI. TNI sendiri terlibat dalam pendampingan dan pengawasan, bahkan tidak menutup kemungkinan keterlibatan TNI akan sampai pada membantu masyarakat menggerapa lahan yang akan ditanai kedelai.

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, dan Peternakan Kolaka, Alva Talanipa kepada SuaraKendari beberapa saat yang lalu menjelaskan bahwa dipercayakannya Kolaka sebagai tuan rumah program tanam kedelai tingkat Provinsi adalah suatu kebanggan, terlbeih di masa pembukaan kepemimpinana bupati Kolaka, Ahmad Safei.

“Saya rasa sangat bagus dan memang kegiatan ini akan kita pusatkan di Desa Unamendaa, Kecamatan Wundulako. Itu yang akan hadir adalah pak Gubernur dan pak Danrem karena ada nuga kerja sama dengan pihak TNI. Yang kita siapkan itu luas lokasi sekitar 6 hektar. Sebenarnya pemda itu menyiapkan 1.000 hektar dan terbagi disejumlash wilayah, contohnya Kecamatan Watubangga dan Toari,” katanya.

Lebih jauh lagi, Alva menjelaskan program ini juga tentunya mengawali masa pemerintahan Ahmad Safei dan memang hal itu telah masuk dalam program kerja Bupati terpilih tersebut. “Polanya adalah sawah yang telah panen itu langsung ditanami kedelai dan pada saat kedelai panen ditanami padi lagi. Masalah pembagian waktu itu tidak ada masalah intinya petani sudah paham hal itu dan memang tidak ada masalah,” tambahnya. (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Advertorial

To Top