Connect with us

Gubernur: Penentuan Sekda Kewenangan Pusat

Metro

Gubernur: Penentuan Sekda Kewenangan Pusat

KENDARI, SUARAKENDARI.COM – DR.H.Lukman Abunawas, akhirnya resmi menjadi Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, setelah gubernur Sultra, H Nur Alam melantik dan mengambil sumpah di rumah jabatan gubernur (rujab) di Kendari, Selasa (1/4/2014).

Sebelumnya, Lukman Abunawas dilantik sebagai pelaksana Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara menggantikan Zainal Abidin yang telah memasuki masa pensiun sejak pertengahan tahun 2013.

Menurut Gubernur Sultra, Nur Alam, pelantikan Sekda Provinsi defenitif merupakan hal biasa dalam lingkup birokrasi khusus. Sekda merupakan jabatan PNS yang tertinggi di pemerintahan provinsi.

“Karena Sekda Provinsi merupakan pejabat eselon I di lingkungan Pemprov Sultra, maka yang menjadi saksi dalam proses pelantikan dan pengambilan sumpah harus eselon satu juga dalam hal ini Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Prof Dr.Usman Rianse,” Kata gubernur dalam sambutannya.

Proses pelantikan Sekda defenitif sempat tertunda selama 6-7 bulan terakhir, karena harus menunggu keputusan presiden, sehingga mantan Bupati Konawe H Lukman Abunawas ditunjuk sebagai penjabat Sekda sementara.

” Memang banyak yang menyoroti kenapa harus dia yang menjadi penjabat Sekda. Dan ada salah satu bupati yang tidak menginginkan pak Lukman menjadi Sekda,” ungkap Nur Alam.

Menurut gubernur, penentuan menjadi Sekda Provinsi bukan wewenangnya namun ditentukan oleh tim akhir dari Baperjakat Kementerian Dalam Negeri sebelum Surat Keputusan itu ditandatangani Presiden.

“Memang ada tiga pejabat yang kita usulkan untuk mengikuti `fit and proper test` ke pusat, namun siapa diantara yang dinyatakan layak lolos menjadi sekda itu adalah wewenang pemerintah pusat. Kecuali pengangkatann penjabat bupati atau sejajarnya, itu boleh dikata 90 persen kewenangan gubernur,” ujarnya.

Tak hanya itu, Gubernur Sultra juga berpesan agar sekda yang baru segera berkoordinasi dan mengaktifkan kembali forum sekda se Sultra.
Upacara pelantikan Sekda provinsi Lukman Abunawas dihadiri wakil gubernur HM Saleh LKasata, mantan Sekda Zainal Abidin, Wakapolda, Danrem 143/Haluoleo, Danlanal, Dalanud, wali kota Kendari dan beberapa pejabat bupati dan wakil bupati serta pimpinan SKPD se-Sultra.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top