Connect with us

Formulir C6 Tidak Wajib Bagi Wajib Pilih

Hukum & Kriminal

Formulir C6 Tidak Wajib Bagi Wajib Pilih

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hidayatullah, menegaskan bahwa formulir C6 atau surat panggilan untuk memilih bukan merupakan hal yang wajib bagi wajib pilih yang sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Formulir C6 itu hanya merupakan pemberitahuan bagi seorang wajib pilih dimana lokasi TPS tempatnya memilih, tapi jika tidak dibagikan C6 wajib pilih tersebut bisa tetap datang ke TPS dan melihat namanya,” terangnya, Selasa (8/4/2014).

Namun jika yang bersangkutan tidak diberikan formulir C6 dan masuk dalam daftar pemilih di TPS tempatnya maka dipersilahkan untuk memilih. Namun jika tidak masuk namanya, bisa tetap memberikan hak suaranya yang penting membawa KTP atau kartu keluarga.

Ditegaskannya tidak dibenarkan jika seorang KPPS atau PPS bermain-main dalam hal formulir C6, apalagi jika sampai kedatang dengan sengaja tidak memberikan surat panggilan kepada wajib pilih.

“Selalu kami identifikasi dan dibawah jugakan ada pengawas, kalau memang disengaja maka akan ada sanksi yang diberikan,” tegasnya. (LINA).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top