Connect with us

Fisip UHO Kendari Berikan Pendidikan Politik Kepada 500 Pemilih Pemula

Hukum & Kriminal

Fisip UHO Kendari Berikan Pendidikan Politik Kepada 500 Pemilih Pemula

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Sekitar 500 mahasiswa baru dan pelajar SMA di Kota Kendari mendapat pendidikan politik sebagai pemilih pemula pada pemilu 2014 mendatang. Mereka berkumpul di halaman Fakultas Sosial Politik (Fisip) Universitas Haluoelo (UHO) Kendari, Senin (17/3/2014).

Acara bertajuk Rock The Vote ini adalah kerjasama CEPP FISIP UI dengan 45 perguruan tinggi dan Kesbangpol.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Rock The Vote sekaligus dosen Fisip UHO Kendari, Eka Suaib mengatakan, para peserta mendapat penjelasan tentang pendidikan politik berupa pengenalan terhadap demokrasi dan pemilu, serta simulasi pemilu.

“ Setiap peserta bermain peran, dalam melaksanakan pemilihan sesungguhnya yang tengah berlangsung di TPS. Tak hanya itu, mahasiswa dan pelajar SMA juga mengikuti diskusi politik secara berkelompk dan dipandu para Dosen Fisip UHO Kendari,” terang Eka di depan halaman Kampus Fisip UHO Kendari, Senin (17/3/2014).

Selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2014 kepada pemilih pemula. Rock The Vote kata Eka juga bertujuan agar mahasiswa dan siswa SMA sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2014, secara cerdas dan kritis.

Eka berharap, nantinya para peserta itu bisa menjadi penyambung lidah bagaimana berpolitik yang bijak dan benar dalam kehidupan demokrasi menjelang Pemilu 2014.

Sementara itu, Indah, siswi SMA 4 Kendari mengaku sangat terbantu dengan kegiatan tersebut. Karena masih banyak pelajar SMA belum mengetahui tentang tata cara pemilu dan partai politik.
“ Acara ini sangat bagus khususnya bagi kami pelajar yang baru akan memilih, jadi dengan adanya kegiatan ini pelan-pelan saya akan mengajak teman-teman untuk tidak salah memilih partai politik dan para caleg nanti di pemilu,” ungkapnya di sela-sela kegiatan.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top