Festival Keraton ASEAN, Kesempatan Sultra Promosi Destinasi Wisata

SUARAKENDARI.COM, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam perhelatan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Budaya ASEAN ke-III yang akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 15 November 2015 mendatang.

Yani Soekotjo Djoyohadikusumo selaku Wakil Sekjen Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) mengatakan bahwa dalam perhelatan kali ini Sultra mendapatkan kesempatan untuk bisa mempromosikan destinasi wisatanya baik yang bersifat lokal hingga bertaraf internasional.

“Dalam festival tahun ini kalau kita lihat jumlah pesertanya jauh lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sultra,” katanya, Rabu (11/11/2015).

Menurutnya dari 20 keraton yang masih ada saat ini dan tercatat di Indonesia, dipastikan 19 keraton akan hadir. Begitu juga kerajaan dan kadatuan.

Ia berharap dengan adanya momentum seperti ini bisa dijadikan sebagai sarana agar Sultra bisa lebih dikenal lagi baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Ketua Panitia IV, Damsid mengatakan bahwa salah satu agenda dalam Festival Keraton ini yakni menyelenggarakan kuliner non beras yang akan berlangsung di Pulau Bokori.

“Kami memilih Pulau Bokori, sehingga raja-raja dan seluruh tamu kita nantinya bisa merasakan nuansa alam Pulau Bokori dan bisa sekaligus melihat salah satu destinasi wisata yang ada di Sultra,” ujarnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *