Connect with us

Fenomena Air Tawar di Karang Pantai Nirwana

Uncategorized

Fenomena Air Tawar di Karang Pantai Nirwana

 BAUBAU, SUARAKENDARI.Com-Nama Pantai Nirwana dikenal marsyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya, masyarakat Kota Baubau sebagai lokasi wisata pantai  dengan pasir putihnya yang terkenal.

 Namun siapa sangka pantai ini, ternyata menyimpan pesona lain yakni pesona air tawar yang keluar dari celah batu karang. Anehnya air tawar tawar terus mengalir,kendati air laut tengah pasang. Bagi warga, sumber mata air ini disebut  beroa atau sumber mata air.

 Sumber air ini, tentu saja membawa berkah bagi warga Kecamatan Sulaa yang berdiam di tepi pantai nirwana.Warga setempat memanfaatkan sumber air tawar untuk kegiatan mencuci piring dan memandikan anak-anak.

 Warga tidak perlu menggali  terlalu dalam, cukup menggali pasir sedalam lima sampai sepuluh centimeter yang berada di celah karang dan air akan keluar sendiri.

 Inilah yang dilakoni Wa Lia dan sejumlah bocah perempuan lainnya. Mereka mengambil air cuci dari lubang berdiameter dua puluh sentimeter lalu mencuci piring bersama-sama.

Wa Lia mengaku setiap hari mencuci piring di sana. “Saya dan adik saya sellu mencuci piring dan mandi di karang ini,”katanya.

 Hal yang sama diungkapkan,Wa Ode Suhana yang sore itu tengah memandikan anaknya. ”Sejak lama kami sudah dimanfaatkan sumber air ini bersama warga lainnya. Keberadaan sumber mata air ini sangat membantu warga,  apalagi air bersih sangat sulit diperoleh di wilayah ini. ungkapWaode Suhana, warga pantai nirwana.

 Namanya saja sumber kehidupan, maka  sumber mata air begitu dipelihara oleh warga setempat, karena itu para pengunjung pantai dilarang melintas ke kawasan itu apalagi membuang hajat. MIL

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top