Fantastik, KPUD Bandrol Anggaran Pilkada Bombana 26.7 M

-Sekda : Nanti Akan dirasionalisasi

SUARAKENDARI.COM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bombana mulai mengusulkan anggaran Pilkada Kabupaten Bombana tahun 2017 senilai 26.6 Miliar.

Kasubag Teknis Pemilu dan Humas KPUD Bombana, Riski Kurnia Rahman, mengatakan anggaran tersebut diusulkan pada APBD Bombana tahun 2016. ” Hari H Pilkada itu dipatok Bulan Februari 2017. Tapi tahapan-tahapannya itu, harus dimulai sekitar Juni 2016. Diawali dengan Penetapan Jadwal, hingga pembentukan PPK dan PPS,” terangnya.

Menanggapi nominal tersebut, Sekda Kabupaten Bombana H. Burhanuddin A. HS. Noy mengatakan angka itu, baru sebatas usulan dari pihak KPUD Bombana. “Nanti akan kami rasonalisasikan. Tentu tidak semua usulan itu akan diterima. Nanti akan kami kroschek secara bersama-sama,” pungkasnya.

Mantan Kadis Perhubungan Sultra ini mengaku usulan anggaran KPUD itu sangat tinggi. “Makanya, nanti akan kami undang mereka. Semua anggota komisioner dan Pihak sekretariatan KPUD itu, untuk membicarakan hal ini. Apa usulan di biaya itu sudah cocok dengan patokan SBU (standar Biaya Umum) kita atau tidak,” ungkapnya.

Burhanuddin yakin, anggaran Pilkada Bombana 2017 itu akan turun dari usulan KPUD tersebut. “Banyak item biaya akan dipangkas. Contoh, usulan biaya makan misalnya. KPUD itu berhitung ril, sebanyak Rp. 50 ribu per dos. Kami tidak mungkin mengikuti usulan itu. Sebab di SBU kita tertera jelas satu dos itu Rp. 25 ribu. Demikian pula penempatan jumlah personil. Semua akan dievaluasi, rujukan kita itu, pilkada tetap jalan dan diupayakan hemat biaya,” ungkapnya.

Sekda menaksir angka maksimal anggaran Pilkada Bombana itu sekitar 22 Miliar. “Kira-kira sekitar 22,2 Miliarlah. Nominal Itu tergolong agak rasional. Mengingat jumlah Kecamatan kita cukup banyak, yakni 22 Kecamatan, ditambah letak georafis daerah yang terdiri dari kepulauan,” katanya.

Taksiran 22 Miliar tersebut dapat saja berubah jika diajukan ke meja DPRD. “Nanti anggaran pilkada itu menunggu penilaian DPRD Bombana. Meski gerak rasionalisasi itu bulat ke angka 22 Miliar, namun semua itu menunggu persetujuan Dewan. Bisa saja berkurang lagi, atau bertambah. Nanti dilihat,” tukas. Burhanuddin

Diketahui, saat ini usulan anggaran Pilkada Bombana masih tahap negosiasi antara Pemkab dengan KPUD Bombana. Selanjutkan usulan akan diajukan ke DPRD melalui APBD Bombana tahun 2016. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *