Connect with us

Enam Calon DPD Sultra Didiskualifikasi

Hukum & Kriminal

Enam Calon DPD Sultra Didiskualifikasi

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Enam calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi didiskualifikasi karena tidak memenuhi syarat dalam tahapan pemilu.

Komisioner KPU Sultra, Tina Dian Ekawati Taridala, mengatakan bahwa enam calon anggota DPD yang dicoret antara lain, Junais Daranga, Kasmir, La Ode Sabri, Rahman Jihad, Sukiman Pabelu dan Yafruddin. Keenam calon tersebut terpaksa didiskualifikasi karena tidak menyerahkan laporan dana kampanye yang jatuh pada tanggal 2 Maret 2014 lalu.

“Terkait calon anggota DPD ada enam orang yang terlambat menyerahkan laporan dana kampanyenya yang dideadline pada tanggal 2 Maret 2014 lalu pukul 18.00 Wita, keenam calon tersebut dicoret karena tidak memenuhi syarat laporan dana kampanye padahal sebelumnya kami juga sudah melakukan sosialisasi,” terang Tina saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (17/3/2014).

Putusan tersebut merupakan hasil keputusan dari KPU RI yang telah ditanda tangani pada tanggal 14 Maret lalu, hal tersebut juga sudah disampaikan kepada calon yang bersangkutan dari KPU RI, hanya saja pihaknya juga tetap bertanggung jawab untuk memberi tahukan hal tersebut.

“Kami di KPU Sultra tidak bisa berbuat apa-apa karena ini keputusan KPU RI, kami hanya bertugas untuk menyampaikan berita ini kepada enam calon yang telah dicoret,” ujarnya.

Pihaknya juga menyayangkan adanya pencoret nama calon anggota DPD tersebut, tetapi yang namanya aturan tidak bisa ditawar lagi. “Saya juga heran padahal sudah berulang kali saya katakan untuk segera menyerahkan laporan dana kampanyenya, kalaupun kesulitan kami juga bisa bantu,” tukasnya.

Perihal nama dari enam calon tersebut yang sudah dicatumkan dalam surat suara akan distabilo sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan akan diumumkan bahwa calon tersebut tidak memenuhi syarat lagi.

“Sudah ada aturannya kalaupun namanya sudah dicetak tidak masalah, nanti akan distabilo menggunakan spidol dan petugas KPPS akan mengumumkan sebelum pemilihan berlangsung bahwa ada nama-nama yang tidak memenuhi syarat lagi,” ujarnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top