Connect with us

Eksodus Maluku dan Maluku Utara Tuntut Hak di Gedung DPRD Sultra

Metro

Eksodus Maluku dan Maluku Utara Tuntut Hak di Gedung DPRD Sultra


KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Puluhan eksodus Maluku dan Maluku Utara yang tergabung dalam Saluran Aspirasj Rakyat (SARA) mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) guna menuntut apa yang menjadi haknya.

Ketua Umum SARA Sultra, La Umar, mengatakan bahwa selama ini seluruh eksodus hanya dijanji saja, tanpa ada realisasi berupa pemberian dana kompensasi yang akan diberikan kepada eksodus Maluku dan Maluku Utara yang berjumlah 255 ribu jiwa yang terdiri dari 53.839 Kepala Keluarga (KK).

“Kami itu sudah dijanjikan untuk diberikan dana kompensasi sebesar Rp 10 juta untuk setiap kepala keluarga, tapi sampai saat ini belum ada realisasinya, kami hanya dijanji terus, sudah empat tahun lebih kami perjuangkan apa yang menjadi hak kami,” terangnya, Selasa (11/11/2014).

Lanjutnya, dana untuk kompensasi tersebut telah dipertanyakan pula kepada penerintah dengan kementrian terkait, seperti Kementrian Sosial, dijelaskan bahwa dana untuk eksodus Maluku dan Maluku Utara sudah ada di daerah masing-masing.

“Pemerintah pusat juga sudah menegaskan bahwa dananya ada, kami sudah ketemu langsung dengan DPR RI, bahkan suratnya itu ditanda tangani langsung oleh Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata, tapi kenapa di daerah ini kami seperti dipimpong,” ujarnya.

Masa SARA juga merasa kesal karena bosan dengan janji para anggota dewan yang telah berjanji untuk bertemu dengan para eksodus, namun hari itu belum ada satupun anggota dewan yang menemui, masih sementara dikoordinasikan. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top