Connect with us

Dugaan Plagiat Rektor Terpilih UHO Mulai Diusut

Nasional

Dugaan Plagiat Rektor Terpilih UHO Mulai Diusut

Dugaan Plagiat Rektor Terpilih UHO Mulai Diusut

SUARAKENDARI.COM-Dugaan kejahatan ilmiah yang menyeret Muhamad Zamrun rektor terpilih Universitas Halu Oleo (UHO) kini tengah diusut tim perguruan tinggi negeri di Indonesia. Tim  pengusut terdiri dari  ahli dari universitas Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Diponegoro (Undip). Pengusutan ini tak lepas dari adnya laporan dari berbagai pihak terutama dari internal UHO pasca pemilihan rektor, Juni 2017 lalu.

Reaksi atas dugaan kejahatan ilmiah tersebut, juga memantik reaksi dari sejumlah kelompok, baik mahasiswa maupun alumni perguruan tinggi terbesar di Sulawesi Tenggara tersebut. Mereka meminta agar pemerintah pusat dalam hal ini kementrian terkait untuk segera mengusut tuntas dugaan kasus plagiat yang menyeret Muhamad Zamrud tersebut.

Sebagai langkah antispasi massa meminta Menteri Ristek segera menunda pelantikan rektor terpilih UHO karena dinilai bertentangan peraturan dan telah mencederai nilai-nilai akademisi. “Dugaan plagiat ini tentu  sangat memalukan dan mencederai nilai-nilai akademisi, dan untuk itu harus diusut tuntas,”kata Abd Jabar, mahasiswa UHO.

Kejahatan plagiat di perguruan tinggi diatur jelas dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Pencegahan kejahatan ilmiah juga diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen, UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan RI No. 19/2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi.

Dalam kamus bahasa Indonesia, plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.SK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top