Connect with us

Dua Kabupaten Pelajari TPAS Kota Kendari

Metro

Dua Kabupaten Pelajari TPAS Kota Kendari

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat, berkunjung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mempelajari pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) yang terletak di Kecamatan Puuwatu.

Rombongan dari dua kabupaten tersebut memang sengaja untuk berkunjung di Kota Kendari melihat pengelolaan TPAS Kota Kendari yang bersih dan asri.Bahkan sebagian besar di wilayah tersebut dipenuhi dengan tanaman bougenvile.

Wakil Walikota Kendari, Musadar Mapasomba, mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan hari itu oleh dua kabupaten yang berbeda merupakan sebuah penghargaan, sekaligus sebagai bahan pembelajaran kepada pemerintah Kota Kendari untuk terus meningkatkan apa yang dimiliki saat ini.

“Kunjungan ini merupakan study komparatif akan banyak hal, mereka ingin melihat bagaimana pengelolaan sampah kita yang bisa difungsikan sebagai gas metan, tentu ini menjadi nilai tersendiri bagi kita,” ujarnya.

Pihaknya lebih senang jika kunjungan yang dilakukan hari itu dianggap dengan istilah Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM), sehingga Kota Kendari bisa terus lebih mengembangkan apa yang dimilikinya saat ini.

Keberhasilan pemerintah saat ini dalam pengelolaan TPAS yang bisa disulap sehingga tidak tampak seperti pembuangan sampah merupakan hasil kerja sama antara pemerintah dan masyarakat yang mendukung program pemerintah.

Tidak hanya itu, pemerintah juga berhasil membuat perkampungan yang diberi nama “Kampung Energi Mandiri” sehingga masyarakat yang bermukim disekitar TPAS bisa menggunakan gas metan yang merupakan hasil dari pengelolaan sampah sebagai bakah bakar untuk memasak dan penerangan atau listrik.

Ia juga mengatakan beberapa program lain yang diminati oleh dua kabupaten ini yakni BLUD dan persaudaraan madani, dimana pemerintah berhasil mempersaudarakan antara mereka yang memiliki ekonomi menengah ke atas dan mereka dengan taraf ekonomi menengah ke bawah. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top