Connect with us

DPT Pilpres Muna Naik, Tapi TPS Berkurang

Hukum & Kriminal

DPT Pilpres Muna Naik, Tapi TPS Berkurang

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan presiden 9 Juli mendatang.

Ketua KPUD Muna, LM. Amin Rambega berujar jumlah DPT dalam Pilpres 2014 kali ini bertambah dibandingkan Pileg lalu. Tercatat untuk Pileg kemarin, jumlah DPT sebanyak 220.349 orang. Adapun hasil pemutakhiran data untuk Pilpres 2014, jumlah DPT naik sekitar 0,5 persen menjadi 221.411 orang.

“Ada tambahan sekitar seribu orang dibandingkan Pileg lalu, “kata Amin Rambega di Raha, Senin (9/6).

Ia mengatakan, penambahan jumlah wajib pilih untuk Pilpres ini berasal dari, Daftar Pemilih Khusus dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan saat Pileg lalu. Ditambah jumlah wajib pilih baru atau lazim disebut pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun per tanggal 9 Juli nanti.

“Data pemilih baru kami dapatkan langsung dari Kemendagri, ” ujarnya.

Selain ada penambahan DPT, juga ada penurunan. Sejumlah pemilih dinyatakan gugur karena beberapa hal antara lain, meninggal dunia atau pemilih yang beralih status menjadi anggota TNI/Polri.

Sementara itu, kendati jumlah DPTnya bertambah, tidak demikian dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurut pengganti Al Munardin itu, TPS untuk Pilpres sebanyak 387 Tps. Jumlah ini menurun dibandingkan saat Pileg kemarin yang sejumlah 577 Tps.

“TPSnya berkurang karena per TPS akan melayani 800 wajib pilih. Sementara saat Pileg, TPS hanya melayani 500 wajib pilih. Jadi otomatis, jumlah berkurang, “tandas Amin. (TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top