Connect with us

DPT Bertambah, Pemilih Justeru Berkurang

Uncategorized

DPT Bertambah, Pemilih Justeru Berkurang

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Tenggara mengakui bahwa angka partisipasi Pemilih Presiden dan wakil presiden di Kabupaten Bombana sangat rendah.

Padahal Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilaporkan bertambah, namun penambahan tersebut tidak mendongkrak jumlah partisipasi pemilih menyalurkan hak suaranya saat Pilpres Rabu, 9 juli lalu.

Jumlah DPT Kabupaten Bombana berkisar 109.444. Data pemilih pilpres ini, lebih tinggi di banding pilcaleg April lalu, hanya berkisar 105.733 pemilih. Kendati begitu, namun angka partisipasi pemilih, 9 Juli lalu, diprediksi hanya berkutat di angka 60 persen. Bahkan diprediksi bisa berkurang.

Ketua KPUD Sultra, Hidayatulah mengakui rendahnya angka partisipasi pemilih di Kabupaten Bombana. Kendati begitu, namun Ketua KNPI Sultra ini membatah, bila rendahnya partisipasi itu, dihubung-hubungkan dengan kurangnya sosialisasi pemilu oleh penyelenggara.

“KPUD sudah cukup, melakukan sosialisasi di pilpres ini. Sosialisasinya sama saat pilcaleg lalu. Bahkan lewat PPK hingga tingkat bawah,semua lalukan sosialisasi,” ujarnya saat kunjungan supervisi di Bombana pasca pilpres.

Perbedaan angka partisipasi pemilih pilpres dan pilcaleg sambung Hidayatullah terletak di penyemangat atau pemberi antusias “kalau pilcaleg dulu, selain parpol juga aktifnya para caleg-caleg disemua parpol. inilah salah satu yang mendongkrak angka partisipasi pemilih pada april lalu dibanding pilpres,” tandasnya.

Hingga berita ini ditayangkan kepastian jumlah angka partisipasi pemilih di Bombana belum direkap KPUD Bombana. Namun pantauan media ini di dua kecamatan (Rumbia dan Rumbia Tengah) di wilayah Ibukota Bombana pemilih tidak cukup setengah dari anggkah DPT. “Saya juga belum tahu pasti kejelasannya, namun diprediksi (angka partisipasi pemilih Bombana) kurang dari 70 persennya,” ungkap Hidayatulah. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top