Connect with us

DPRD Nilai Muna Timur Belum Layak Mekar

Uncategorized

DPRD Nilai Muna Timur Belum Layak Mekar

 

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Meskipun wacana pemekaran Kabupaten Muna Timur telah digulirkan Pemkab Muna, namun tidak banyak orang tahu jika usulan pemekaran Kabupaten Muna Timur, tidak lahir dari usulan rakyat Muna, tapi lahir dari usulan para penjabat di Pemkab Muna semata. Hal ini terungkap saat sejumlah anggota DPRD Muna diantaranya Drs P Haridin dan Mahmud Muhammad mengatakan, bahwa belum ada usulan pemekakaran Kabupaten Muna Timur, masuk ke DPRD Muna.

Tapi anehnya tiba tiba usulan pemekaran secara sepihak itu malah direspon positif Gubernur Sultra. ” Kota Raya layak mekar. Kita sudah miliki Ampresnya bersama 4 DOB di Sultra tahun lalu. Tapi karena ada indikasi dari Bupati Muna, Dewan dan Gubernur Sultra , agar pemekaran Kota Raha ditangguhkan dulu dan fokus pada Muna Barat saja, akhirnya dari 4 DOB yang tersisa di Sultra, cuma Kota Raha, hingga kini belum mekar. Makanya kita perjuangkan kembali. Apalagi pemekaran Kota Raha adalah hak inisiatif DPR dan harus mekar,” terang Wakil Ketua DPRD Muna Mahmud Muhammad pada sejumlah media Rabu (27/8). Hal senada juga disampaikan P Haridin.

Kata legislator asal PPP ini, Kab.Muna Timur belum layak diwacanakan mekar. Jumlah penduduknya saja tidak cukup 1 dapil dalan Pileg lalu. “Tiap kecamatan itu harus memiliki 7000 jumlah penduduk.. Nah disana itu, waktu pileg jumlah wajib pilihnya tidak cukup 1 dapil yaitu 4 kursi, cuma ada 2 kursi dari wilayah sana. Mana layak mekar, itu baru dari sisi penduduk, apalagi yang lainnya,” tukas P Haridin.

Sementara itu Mahmud mengatakan, wacana pemekaran Muna Timur kata legislator PDIP ini , bukan usulan dari rakyat Muna. ” Wacana pemekaran Kab.Muna Timur, bukan murni usulan dari rakyat, tapi dari pemerintah. Buktinya belum ada usulan itu masuk ke DPRD Muna,. Namun demikian semangat pemekaran Muna Timur boleh boleh saja, ” terang Mahmud serius.

Sebagai Ketua Ad Hoc Percepatan Pemekaran Kota Raha, Mahmud Muhamad optimis jika Bupati Muna LM Baharuddin, akan menandatangi usulan percepatan pemekaran Kota Raha ke DPR RI. ” Saya .sudah ada komunikasi dengan ketua tim pemakaran kota Raha Bupati Muna LM Baharuddin. Saya yakin 30 anggota dewan Muna juga setuju. Kita perjuangkan aspirasi rakyat Muna ini “tanpa baju” artinya murni dari hati nurani tanpa embel embel parpol dan kepentingan politik,” tambah Mahmud.

Legislator asal PDIP ini juga yakin jika disisa waktu 1 bulan ini, Pemekaran Kota Raha akan terwujud. “Masih ada waktu sekitar sebulan bagi DPR RI untuk bersidang, memekarkan Kota Raha,” pungkas Mahmud optimis. ( TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top