Connect with us

DPRD Bombana “Sunat” Dana Sampah

Uncategorized

DPRD Bombana “Sunat” Dana Sampah

BOMBANA,SUARAKENDAR.COM-Badan Lingkungan Hidup (BLH), Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman, dan Pemadam Kabupaten Bombana tampak meradang. Tugas membersihkan sampah dari wilayah Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana harus dijalani dengan tertatih-tatih alias minim anggaran.

Pemicunya bukan lain, namun datang dari gedung wakil rakyat yakni DPRD Kabupaten Bombana. Instansi BLH  merasa dana anggaran Bahan Bakar Minyak (BBM) angkutan sampah dipangkas secara tidak realistis, oleh wakil rakyat saat pembahasan anggaran 2014 lalu.

Jamal, Bendahara BLH Bombana menuturkan, sebulan saja dana BBM nombok atau kurang hingga tiga sampai empat juta. Padahal  tahun lalu, dana BBM angkutan sampah tersebut, capai 15 juta perbulan. Namun entah mengapa dana itu, dipangkas Dewan menjadi 11 juta sebulan.

“Tahun lalu, Jujur porsi dana BBM angkutan sampah itu 15 juta perbulan, dan itu sangat pas-pasan sekali. Bayangkan bila dana itu sekarang jadi 11 juta. Berarti kurang empat juta sebulan. Saya tertatih-tatih dan kadang bingung mencari cara untuk tutupi tiap bulan untuk  anggaran BBM sampah ibukota ini,” jelasnya.

Padahal kata Jamal, memasuki tahun 2014, baik armada angkutan maupun sampah di Rumbia makin bertambah. ” Armada Angkutan kami itu bertambah. Dulunya cuma tiga unit mobil. Sekarang ada tambahan tujuh unit angkutan motor roda tiga,” tandasnya.

Belum lagi jumlah sampah. Menurut Jamal, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di sejumlah tempat pembuangan yang disebar di ibukota cukup lumayan. “Ini juga harus dipikirkan, sebab  otomatis debit sampah di Tempat pembuangan itu bertambah. Konsekuensinya, mobilisasi angkutan ikut bertambah,” terangnya.

Tidak cukup dari aktivitas itu, Bila ada ivent tertentu di Ibukota, mobilisasi angkutan ini dibuat ekstra. Jamal mencotohkan, saat MTQ Sultra Maret lalu. Biaya mobilisasi angkutan sampah itu membengkak. “Semua ini butuh biaya BBM tambahan. Sementara di DPA (daftar pengeloaan anggaran) itu terpatok harus 11 juta. Untuk sebulan saja, tanpa ivent itu tidak cukup, apalagi ada ekstra. ini yang mestinya dipikirkan anggota Dewan, jangan asal mematok lalu jatuhkan palu,” jelasnya.

Jamal berharap, demi program kenyamanan lingkungan ibukota dari tumpukan sampah, makan perubahan anggaran nanti harus dipikirkan. “Kami harap agar diperubahan nanti harus diporsikan untuk BBM angkutan sampah ini. Sebab siapa yang tanggulangi jika nombok begini,” tukas bendahara BLH ini. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top