Connect with us

DPK-Tb Pemilu Diperlakukan Khusus

Hukum & Kriminal

DPK-Tb Pemilu Diperlakukan Khusus

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPK-Tb) mendapat perlakuan khusus pada pemilu yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 April 2014 mendatang. Demikian dikatakan Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu.

Menurutnya, guna memastikan seluruh wajib pilih bisa terdaftar dan memberikan hak pilihnya pada hari pemungutan, maka semua harus terdaftar.

“Kami ada yang namanya DPK-Tb, jadi sampai tanggal 26 Maret mendatang, kami berikan kesempatan kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam DPK untuk mendaftarkan dirinya sebagai DPK-Tb mulai dari tanggal 27 Maret hingga pemilihan yakni 9 April,” terangnya.

Namun demikian, ia menuturkan bahwa DPK-Tb akan diperlakukan secara khusus dengan tiga ketentuan yang berlaku dan tidak sama dengan pemilih pada umumnya.

“Bagi DPK-Tb, harus membawa dokumen kependudukannya berupa KTP dan kartu keluarga, DPK-Tb hanya boleh mempergunakan hak pilihnya satu jam terakhir yakni antara jam 12.00 sampai 13.00 dan DPK-Tb hanya boleh memilih pada kelurahan dimana ia berdomisili,” jelansya.

Ketentuan yang diberikan kepada DPK-Tb kata Hayani, sudah diatur dalam perundang-undangan,namun untuk lokasi pemilihan, jika surat suara ditempat bersangkutan tidak cukup, maka akan dicarikan TPS terdekat agar bisa memberikan hak suaranya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top