DKPP RI : Kinerja Komisioner KPU di Sultra Membaik

SUARAKENDARI.COM, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI memberikan penilaian baik kepada komisioner KPU Kabupaten/kota dan provinsi yang ada di Sultra. Hal tersebut dikatakan Saut Hamonangan Sirait selaku anggota DKKP RI.

“Kalau saya melihat komisiner di Sultra dan kabupaten/kotanya ini sudah lebih baik, semua itu dapat dilihat dengan proses pilkada yang berjalan dengan baik, hal ini tentu karena kesadaran individunya yang juga sudah semakin meningkat,” katanya, Rabu (21/10/2015).

Ia tidak ingin mengatakan jika membaiknya kesadaran para komisioner disebabkan oleh kepemimpinan seorang ketua lembaga tersebut, namun lebih dititik beratnya pada individu masing-masing yang sudah menjalankan setiap tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan kode etik.

“Saya tidak ingin katakan membaiknya komisioner karena pemimpinnnya, silahkan itu dibahasakan saja, tapi saya lebih melihat jika komisioner yang ada saat ini bekerja sesuai dengan arahan dan kode etik yang mengaturnya,” tegasnya.

Menurutnya, jika seluruh komisioner di daerah manapun bekerja dengan menjalankan kode etik maka tidak perlu khawatir akan diadukan atau terjerat masalah, apalagi sampai dipecat. Ia juga berharap agar kinerja seluruh komisioner terus membaik dan tidak mengalami penurunan lagi.

“Dulu memang ada pemecatan komisioner, tapikan yang sudah dipecat itu sudah tidak bekerja lagi, sekarang pasti beda komisionernya, sudah kode etik yang mengatur dan sanksi DKPP juga tidak main-main,” tukasnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *