Connect with us

DKP Konsel Terus Kembangkan Potensi Kelautan

Bisnis

DKP Konsel Terus Kembangkan Potensi Kelautan

 

KONSEL, SUARAKENDARI.COM- Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Konawe Selatan, terus mengembangkan potensi kelautan daerah itu. Salah satunya dengan memberdayakan kemampuan para nelayan rumah bagang. Seperti yang dilakukan sekelompok nelayan di sepanjang perairan Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan. Di lokasi ini terdapat puluhan rumah bagang, yang tersebar di sejumlah desa pesisir, seperti Desa Woruworu, Desa Tambeanga dan berapa desa lainnya.

“Perairan laut konawe selatan memang menyimpan surga ikan bagi nelayan setempat. Apalagi di sepanjang pesisir daerah kecamatan laonti sangat penting dikembangkan rumah bagang sebagai upaya pemerintah  mempercepat kesejahteraan nelayan,”demikian Ernanto Tawulo STP, Kepala Bagian Budidaya  Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe Selatan.

Menurut Ernanto, penggerak utama ekonomi di Kawasan Minapolitan Konsel dapat berupa sentra produksi dan perdagangan perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan ikan, atau pun kombinasi kedua hal tersebut.

Sentra produksi dan perdagangan perikanan tangkap yang dapat dijadikan penggerak utama ekonomi di kawasan minapolitan adalah pelabuhan perikanan. Sementara itu, penggerak utama minapolitan di bidang perikanan budidaya adalah sentra produksi dan perdagangan perikanan di lahan-lahan budidaya produktif. Sentra produksi pengolahan ikan dan perdagangan yang berada di sekitar pelabuhan perikanan, juga dapat dijadikan penggerak utama ekonomi di kawasan minapolitan.

Saat berkunjung di salah satu rumah bagang, Nampak aktifitas para nelayan menjamu para pembeli ikan di Kota Kendari. Bahkan, para nelayan cukup kreatif membangun usaha mereka. Salah satunya dengan menyediakan, fasilitas alat pancinguntuk pengunjung. Ya, di ruah bagang ini pengunjung dapat memancing berbagai jenis ikan. Bahkan pengunjung dapat menikmati ikan bakar hasil pancingan, sambil terus mengulurkan kail ke laut.

Rumah bagang sendiri merupakan rumah panggung terbuat dari kayu yang berdiri kokoh di atas laut dan di bagian bawah rumah disimpan berbagai jenis ikan laut. Ikan-ikan berbagai jenis dan ukuran ini disimpan dalam kolam air yang diseluruh sisinya di pasangi jaring -jaring   yang berfungsi sebagai pembatas agar ikan tidak lari.

Memancing di bagang yang penuh ikan ini memang memiliki sensasi tersendiri bagi para pemancings sebab di rumah bagang ini para pemancing bisa memilih jenis dan ukuran ikan hidup yang akan dipancingnya. Cara memancing pun sedikit berbeda dimana kail harus di turunkan melalui celah lantai rumah yang terbuat dari kayu, tak hanya itu hasil pancingan yang masih hidup dapat langsung di bakar di perapian yang sudah disiapkan pemilik bagang.

Sarifudin pemilik bagang mengaku setiap minggunya,rumah bagang miliknya selalu di kunjungi para pemancing yang berasal dari kota kendari, selain menawarkan paket ikan murah memancing di rumah bagang juga terasa alami karena didukung panorama alam laut yang alam sehinggai membuat orang yang datang betah duduk berlama-lama di rumah bagang. “Setiap minggu bisa ada sepuluh sampai lima beras orang mampir mancing di sini,”kata Sarifudin. (Yy)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top