Connect with us

Distribusi Gas Elpiji Bermasalah, Oknum Kelurahan Pungut Biaya

Uncategorized

Distribusi Gas Elpiji Bermasalah, Oknum Kelurahan Pungut Biaya

 

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pembagian tabung Gas Elpiji 3 kg besama kompor gas milik pemerintah kepada masyarakat kembali menuai masalah di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Jika sebelumnya, banyak tabung gas bocor dan kompor gas yang rusak dibagikan pada masyarakat di desa Kalangkari Rarowatu Utara, Kali ini giliran aparatur pemerintah yang tega memalak warganya untuk mendapatkan duit

Rabu, dua pekan lalu (24/12), Di Kelurahan Poea Kecamatan Rumbia Tengah, sejumlah warga keluhkan adanya potongan liar dari oknum aparat Kelurahan setempat.

Warga dimintai sejumlah uang jika ingin mendapatkan paket Tabung elpiji dan kompor gas, bantuan cuma-cuma pemerintah lewat program konversi minyak tanah ke gas elpiji.

“Kami dimintai uang sebesar 15 ribu oleh pihak kelurahan setiap warga yang menerima tabung gas,” tutur Agus Warga kelurahan Poea.

Kata dia, sejumlah warga terpaksa membayar akibat takut tidak kebagian dari bantuan cuma cuma dari pemerintah tersebut.

Diketahui, sekitar 145 Warga Kelurahan Poea dijatahi akan mendapatkan satu paket bantuan pemerintah berupa tabung gas 3 kg dan satu kompor gas.

Andai tiap penerima dipalak 15 ribu rupiah, dan jika total yang dipungut itu sebanyak 145 penerima, maka pelaku  bisa mendopleng keuntungan sekira 2.175.000, rupiah.

Hadirnya potongan liar ini dikecam oleh lembaga pemantau infrastruktur pedesaan (LPIP). “Ini persoalan mental aparat yang tidak ingin lihat warga itu senang dan sejahtera,” kritik Aziar Koordinator divisi investigasi LIPP.

Menurutnya, bantuan pemerintah melalui program konversi itu, cuma-cuma tanpa ada pungutan. Jika ada yang lakukan pungutan harus disikapi dan lekas ditangkap. “Saya minta aparat penegak hukum lekas bergerak dan menangkap siapa saja oknum aparat yang mengais untung di bantuan ini,” tukasnya. (DAR)

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top