Distan Bombana Bidik Peningkatan Tanaman Holtikultura

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pasca mendokrak capaian hasil panen padi masyarakat, hingga melampaui target Nasional, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bombana kembali membidik peningkatan untuk tanaman Holtikultura di Bombana.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Asis Fair mengatakan pihaknya sedang gencar – gencarnya membina petani untuk peningkatan tanaman Holtikultura berupa tomat, cabe hingga sayur-sayuran berupa kol.

Sedikitnya, sekitar 12 Hektar lahan tani kata Asis, telah disiapkan Distan Bombana guna mendokrak hasil produktifitas hasil tani Holtikultura ini.
“12 Hektar itu disiapkan di Desa Tampabulu dan Desa Biru Kecamatan Poleang Utara. Dua desa ini akan jadi binaan sentra tanaman holtikultura,” pungkas Asis Fair.

Mantan Kadisduk capil Bombana ini menegaskan, petani tidak susah susah lagi untuk memasarkan hasil tanamannya. Sebab pembeli kata Asis, sudah stand by memborong hasil panen masyarakat.

“Kami sudah koordinasi dengan Pihak pasar Baruga dan pasar Kota kendari, siap menampung hasil tanaman holtikultura di dua Desa ini,” tukasnya.

Guna memacuh hasil produktifitas petani, Distan Bombana siap membantu penyediaan alat hentraktor hingga pupuk. Bahkan tidak cuma itu, masyarakat ikut didampingi oleh kelompok petani indonesia yang pernah sukses dari Negara jepang. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *