Disnakertrans Sultra Pastikan Pembayaran THR

SUARAKENDARI.COM, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan bahwa semua perusahaan yang telah terdaftar akan segera membayarkan Tunjagan Hari Raya (THR) bagi karyawan. Demikian dikatakan Kepala Dinakertrans Sultra, Armunanto, Selasa (30/6/2015).

“Sudah ada keputusan dari pemerintah pusat yakni Kementrian Tenaga Kerja yaki surat edaran No 4 Tahun 1994 dan surat tertanggal 3 Juni 2015 tentang THR bagi karyawan,” terangnya.

Berdasarkan surat edaran yang telah dikeluarkan tersebut, maka perusahaan diwajibkan untuk membayarkan THR bagi karyawannya paling lambat seminggu sebelum hari raya.

Terkait besaran tunjagan yang akan diberikan kepada karyawan juga telah diatur yakni bagi karyawan dengan masa kerja selama satu tahun atau 12 bulan, maka perusahaan diwajibkan untuk membayarkan THR sebesar satu bulan gaji, sementara bagi karyawan yang masa kerjanya tiga bulan ke atas maka akan disesuaikan yakni 3 bulan dibagi 12 dan dikalikan dengan besarnya gaji yang diterima.

“Kalau untuk masa kerja satu tahun dan tiga bulan keatas memang sudah diatur tapi kalau yang tiga bulan kebawah maka besarnya tunjangan yang akan dibayarkan disesuaikan dengan kesepakatan atau kebijakan yang diberikan perusahaan,” katanya.

Ditegaakannya bagi perusahaan yang tidak memberikan hak kepada karyawannya maka akan diberikan sanksi berupa teguran, terkait pencabutan izin, ia tidak ingin memberikan komentar terlalu banyak.

“Surat edaran yang diberikan kepada kami dari pemerintah pusat tidak mengatur masalah sanksi kita hanya diberi tahu terkait hak karyawan, tapi kami juga tetap akan memberikan teguran kepada perusahaan yang tidak memberikan hak kepada karyawan,” tegasnya.

Ia berharap agar tidak ada perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Mudah-mudahan seperti tahun lalu, tahun lalu tidak ada masalah semua perusahaan patuh,” harapnya.

Saat ini jumlah perusahaan yang tersebar di Sultra yakni sebanyak 6449 perusahaan yang bergerak diberbagai bidang. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *