Disnakertrans Pantau Pembayaran THR Perusahaan

SUARAKENDARI.COM, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pemantauan terhadap beberapa perusahaan yang ada di Kota kendari, Rabu (8/7/2015).

Pemantauan yang dilakukan hari itu terkait pengawasan kepada beberapa perusahaan yang telah membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya.

Kabid Hubungan Industri dan Pengawasan Disnakertrans Sultra, Makner Sinaga mengatakan bahwa pemantauan yang dilakukan tersebut juga dilakukan oleh dinas kabupaten/kota secara bersamaan.

“Kami melakukan monitoring berupa uji petik terhadap beberapa perusahaan yang ada di Kota Kendari, karena berdasarkan surat edaran dari kementrian bahwa THR bagi karyawan harus dibayarkan seminggu sebelum hari raya, sehingga kami turun ke lapangan untuk memastikan semuanya,” terangnya.

Beberapa perusahaan yang sempat dilakukan pemantauan secara langsung seperti PT.Kaltimex Energy, PLTD Cab Poasia dan PT. Cilacap Industry. Pada beberapa perusahaan yang dipantau tersebut sebagian besar sudah membayarkan THR karyawannya.

“PLTD tadi sudah memberikan semua THR karyawannya, lalu untuk PT. Kaltimex karena baru beroperasi dua bulan jadi yang dibayarkan hanya karyawan yang berasal dari luar yang masa kerjanya sudah setahun, untuk karyawan yang baru satu bulan diserahkan pada kebijakan perusahaan, sementara PT.Cilacap sisa pegawai harian yang belum diberikan,” katanya.

Sebagai bidang yang menangani hal tersebut, pihaknya sengaja turun langsung ke lapangan guna memastikan bahwa perusahaan yang sudah resmi harus melakukan kewajibannya untuk memberikan THR. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *