Connect with us

Dinas Kebersihan Minta Warga Manfaatkan Sampah Plastik

Metro

Dinas Kebersihan Minta Warga Manfaatkan Sampah Plastik

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Berbagai upaya dinas kebersihan kota Kendari untuk mengajak masyarakat kota kendari berpartisipasi mengelola sampahnya, bahkan dinas kebersihan menantang kelompok dasawisma peserta pelatihan pengelolaan kebersihan lingkungan mengelola sampah plastic menjadi rompi atau jas hujan.

Kepala dinas kebersihan kota kendari, Tin Farida, bahkan, berjanji akan membeli kerajinan tersebut untuk digunakan petugas kebersihan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Saya berfikir kemarin mungkin rompinya dinas kebersihan bisa kita bikin dari sampah daur ulang, tapi yang bikin harus dari ibu-ibu, nanti saya yang beli, apalagi kalau bisa bikin jas hujan”katanya.

Menurut Tin, selain bisa menambah penghasilan masyarakat dengaan mendaur ulang sampah, pengelolaan sampah ditingkat masyarakat bisa membantu pemerintah kota kendari meminimalisir biaya operasional yang digunanakan untuk mengangkut sampah.

Jika jumlah sampah dalam kota kendari berkurang, maka pemanfaatan Tempat Pengelolaan Akhir Sampah (TPAS)  Puwatu bisa berkurang sehingga umur TPAS bisa semakin panjang.

“Masyarakat juga merasa bertanggung jawab, kalau mereka merasa bertanggung  jawab karena terlibat, itu juga pengawasan datang dari mereka, kita pemerintah tinggal mensuport mereka biar lebih aktif lagi” tambahnya.

Dari penghematan anggaran tersebut bisa digunakan untuk program pembangunan lainnya yang saat ini dinilai masih kurang.

Saat ini produksi sampah dikota kendari sebanyak 1037 meter kubik perhari,  dari jumlah itu hanya sekitar 70% yang bisa diangkut oleh 38 armada dinas kebersihan. Sementara sisanya sekitar 30% menumpuk di Tempat pembuangan sementara (TPS) dan pemukiman warga.(ALIN)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top