Connect with us

Diduga Rugikan Perusahaan Rp 1 Miliar, Empat Orang Ditangkap Polisi

Hukum & Kriminal

Diduga Rugikan Perusahaan Rp 1 Miliar, Empat Orang Ditangkap Polisi

Diduga Rugikan Perusahaan Rp 1 Miliar, Empat Orang Ditangkap Polisi

SUARAKENDARI.COM-Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Kendari mengamankan empat orang yang diduga melakukan aksi penipuan dan penggelapan bernisial AA, AS, PA dan MF.

Kasus ini terungkap Februari 2017 lalu. Para pelaku diamankan setelah mendapat laporan dari pihak perusahaan tempat para pelaku menyicil motor yang merugikan perusahaan hampir Rp 1 miliar.

Kepada polisi, AA mengaku telah merencanakan perbuatannya sejak tahun 2015. Berbekal pengalaman bekerja di perusahaan pembiayaan, AA memutuskan membuat perusahaan baru. Karena kekurangan anggota, AA lalu merekrut AS, PA dan MF.

Dalam perusahaan itu, AA bertindak selaku direktur, AS sebagai marketing, PA adalah surveyor dan MF adalah debt collector-nya. “Kami kerja seperti pembiayaan. Mencari konsumen untuk membeli motor dari kami. Motor itu kami ambil dari pembiayaan dan kami jual kembali dengan harga murah,” ujar AA.

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Yunar HP Sirait mengatakan selama kurang lebih dua tahun pelaku berhasil menjual sebanyak 480 unit motor di beberapa derah di Sultra.

Dari hasil menjual motor hasil penggelapan dari perusahaan pembiayaan bisa menghasilkan uang sampai Rp 20 juta per unit. Paling rendah Rp 15 juta untuk tipe motor kecil. “Pasal yang disangkakan Pasal 378 tentang penipuan dan penggelapan. Aksi mereka ini sudah bertahun-tahun dan baru terungkap tahun ini. Karena bingung tidak ada konsumen lagi,” kata AKP Yunar. YJ

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top