Connect with us

Diduga Dana Bantuan Korban Bencana Bombana Diselewengkan

Uncategorized

Diduga Dana Bantuan Korban Bencana Bombana Diselewengkan

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara diduga selewengkan anggaran bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi tahun 2013 senilai 1.5 Miliyar.

Dana yang digelontorkan pusat untuk kegiatan sosial ekonomi masyarakat pasca Bombana diterpa bencana banjir dan cuaca ektrem ini, ditengarai telah disalahgunakan oleh oknum tertentu di tubuh BPBD Bombana sekitar 250 juta.

Kanit Tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Bombana, Bripka Fitra mengatakan sembilan orang saksi telah dimintai keterangan dalam pengusutan perkara dugaan kasus korupsi di BPBD Bombana ini.

“Kami sudah memeriksa sembilan saksi.Tiga orang diantaranya itu dari badan penanggulangan bencana alam, serta enam dari kelompok nelayan,” ungkap Fitra.

Dia menjelaskan, dari total anggaran 1,5 Milar itu, terdapat item untuk pembelian tali, pelampung serta bibit rumput laut sebesar Rp 800 juta, yang diperuntukan bagi masyarakat Pulau Kabaena.

“Dari dana pembelian bibit rumput laut dan peralatan lainnya inilah yang kami duga bermasalah. Karena dari total anggaran itu (800 juta), sekitar 250-an juta diduga menguap dan tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Fitra.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bombana telah mengelolah anggaran sekitar Rp 10 Milyar tahun 2013. Sekitar 7,9 M dipergunakan untuk pembangunan fisik berupa penimbunan laut Kasipute. Sekitar Rp 500 juta untuk adminstrasi dan operasional pembangunan, serta sekitar Rp 1,5 M untuk kegiatan sosial ekonomi yang ditengarai bermasalah oleh Tipikor Polres Bombana. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top