Connect with us

Di Lumbung PAN Prabowo-Hatta Tak Berdaya

Hukum & Kriminal

Di Lumbung PAN Prabowo-Hatta Tak Berdaya

KENDARI, SUARAKENDARI.COM Pasangan calon presiden dan Wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa harus legowo dan mengakui kemenangan pasangan Joko Widodo-Yusuf Kalla di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Betapa tidak dari 12 kabupaten kota yang ada di Sultra, pasangan yang terkenal dengan jargon Indonesia Bangkit ini hanya menang di dua daerah saja yakni kabupaten Muna dan Kabupaten Konawe dengan total peroleha suara 511.134 atau 45,10 % suara saja.

Sementara pesaingnya Jokowi – JK berhasil merebut suara rakyat di Sultra pada pilpres 9 Juli lalu. Pasangan nomor urut dua itu berhasil memenangkan suara di 10 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, dengan total perolehan suara 622,217 atau 54,90 %. Hal itu berdasarkan penetapan dalam rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan peroleh suara Pilpres di tingkat KPU Provinsi Sultra, Jumat (18/7/2014) malam di Kendari.

Dari seluruh suara sah yang mencapai 1.1331.352, Jokowi-JK menang di 10 kabupaten/kota di Sultra atau 80 persen berada pada wilayah yang diklaim sebagai basis suara pasangan Prabowo-Hatta. Sebab hampir 70 persen kepala daerah di wilayah Sultra tergabung dalam koalisi merah putih.

“Pemilihan kali ini memang rakyatlah yang memilih sendiri pemimpinya jadi meski bukan daerah basis toh terbukti pasangan Jokowi-JK lah yang menag,” Jelas Olham Hasmuddin, Koordinator relawan jokowi dari Sahabat rakyat (Sahara) .

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah pun membenarkan bahwa pasangan yang diusung dari koalisi PDIP, Nasdem, PKB dan Hanura dan PKPI unggul dari pasangan Prabowo-Hatta. hal itu berdasarkan pleno rekapitulasi dari 12 Kabupaten /Kota .

“Sudah terlihat kan dari rekapitualsi pasangan Jokowi-JK unggul di 10 daerah sedangkan pasangan Prabowo-Hatta hanya bisa meraih kemenangan di dua Kabupaten saja,” jelas Ketua KPUD Sulawesi Tenggara Hidayatullah, Sabtu (19/7/2014).

Dia menjelaskan, bahwa jumlah pemilih yang terdaftar pada pilpres 9 Juli 2014 sebanyak 1.827.083 orang. “ Jumlah suara pengguna hak pilih sebanyak 1.139.678 orang namun yang dinyatakan sah tercatat 1.133.351 suara dan suara tidak sah sebanyak 6.329,” tukasnya.(qq)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top