Dewan Curigai ada “Mafia” Tambang di Bombana

 

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana mencurigai adanya potensi permainan manipulasi tambang diwilayah Kabupaten Bombana.

Permainan itu, ditengarai mengenai kejujuran sebuah laporan para pengusaha tambang khususnya tambang emas. Dewan mulai ragu, akan laporan jumlah produksi dan kebenaran hasil jual tiap produksi yang dilaporkan masing-masing perusahaan.

“Soal tambang emas di Bombana, Selama ini mereka yang tentukan sendiri untuk jumlah produksinya dan berapa harga hasil produksinya itu. Ini sangat rentan akan manipulasi,” terang aflan zulfadly anggota DPRD Bombana

Menurut Politisi asal PKS Bombana ini,  tidak adanya lembaga yang mengontrol soal itu.

menciptakan peluang adanya permainan di duni tambang. “Ini sangat rawan. Bisa saja pengusaha melaporkan sembarang untuk jumlah produksi hingga harga jualnya,” herannya.

Kata Aflan, sistem ini sudah lama berjalan di Kabupaten Bombana dan berpotensi merugikan daerah. Sebab hasil laporan tersebut, berdampak nominal jumlah pembayaran kewajiban perusahaan  kepada daerah dan negara.

“Persoalan ini wajib ditinjau. Dalam waktu dekat, dewan akan menelusuri soal ini,” tukas Aflan. Apalagi sejauh ini, perusahaan emas di Bombana banyak yang menunggak untuk  kewajiban pembayaran iuran royalty hingga iuran tetap atau laundret. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *