Connect with us

Desa Namu Wakili Sultra Lomba Desa Wisata Nasional

Pariwisata

Desa Namu Wakili Sultra Lomba Desa Wisata Nasional

Desa Namu Wakili Sultra Lomba Desa Wisata Nasional

SUARAKENDARI.COM-Kabar manis ini disambut gembira para penggiat wisata di Desa Namu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan. Mereka berkumpul di rumah Kepala Desa Namu, Yuddin untuk memastikan kabar tersebut. “Warga seolah tidak percaya, mereka berkali-kali menanyakan kebenaran kabar gembira ini,”kata  Yasrin Fior, penggiat Komunitas Ruruhi Project.

Sementara, Kepala Desa Namu, Yuddin,  menyampaikan kesiapam keikutsertaan Desa Wisata Namu di ajang lomba desa wisata tingkat nasional sesuai surat Kementrian Pariwisata Republik Indonesia yang ditujukan ke Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kegiatan ini dalam rangka apresiasi usaha masyarakat bidang pariwisata, kementrian akan memberikan penghargaan untuk dua kategori, yakni desa wisata yang berhsil menerapkan prinsip parwisata berbasis masyarakat (komunitas) dan pengelola homestay di desa wisata.”ungkapnya. Kepastian keikutsertaan didasari dengan didaftarkannya Desa Namu pada ajang lomba yang akan diikuti desa-desa wisata lain di Indonesia. “Formulir pendaftaran sudah diisi,”kata Yuddin.

Penggiat komuitas Ruruhi Project lainnya, Isna Gunfa membenarkan keikutsertaan Desa Wisata Namu ke lomba desa wisata nasional mewakili Sulawesi Tenggara. “Sebenarnya ada tiga desa tahun ini, yakni  Desa Namu, Desa adat Hukaeya dan Desa Tangkeno dipercaya mewakili Sultra dalam ajang lomba Desa Wisata Nasional 2017. Desa Namu fokus pada kategori penerapan prinsip pariwisata berbasis masyarakat (CBT). Tidak muluk-muluk tapi Desa Namu akan berusaha semaksimal beri yang terbaik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Potret desa yang berupaya keras bangkit dari sebutan masyarakat pesisir yang terpinggirkan. Dari kategori desa tertinggal menjadi desa berkembang bahkan mandiri,”ungkap Isna Gunfa, penggiat Komunitas Ruruhi Project. SK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pariwisata

To Top