Dana Negara, Parpol Wajib Buat Laporan Penggunaan Anggaran

0

Suarakendari.com, Bombana – Usai menggunakan Dana Daerah dari APBD, rupanya pengurus Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bombana rata-rata enggan menyusun sebuah Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) atas penggunaan dana tersebut. Akibatnya, realisasi bantuan Parpol di tahun 2015, (sebagaimana amanat permedagri nomor 77 tahun 2014) hingga kini masih tersendat-sendat di Kabupaten Bombana.

“Anggarannya itu sudah lama ada. Diplot sejak APBD 2015. Hanya saja, mereka (para parpol) harus laporkan dulu penggunaan anggaran ditahun sebelumnya, (bantuan parpol tahun anggaran 2014 lalu red). Jika parpol itu belum juga menyetorkan LPJ-nya maka otomatis tidak bisa cair ini anggaran,” jelas H. Nuhung, Kepala Badan Kesbang Politik dan Linmas Kabupaten Bombana

Mantan Kadis PU Bombana ini menegaskan lambannya pencairan dana bagi parpol tersebut, bukan kesalahan dari pemerintah namun ulah dari Parpol itu sendiri. “Penyediaan dana Parpol itu, amanat dari instruksi permendagri. Dan kami di daerah siap mencairkan anggaran tersebut. Kenapa terkedala, itu akibat lambannya para parpol menyetorkan LPJ-nya kepada pemerintah,” tukasnya.

Sebagai langkah solutif, pihak Kesbangpol terpaksa gunakan sistem jemput bola. “Dari pada menunggu dan tidak kunjung disetor, terpaksa kami dor to dor. Kami datangi tiap parpol, agar lekas menyusun LPJ tahun2014 lalu,” ujar Amiruddin, Kabid Wasbang Kesbangpol Bombana

Mendapat desakan dari Kesbang tersebut, baru para parpol tergerak untuk menyusun  LPJ-nya. “Insya Allah Bulan Oktober ini, kemungkian dana parpol itu sudah bisa cair. Saat ini masih tahap proses.  Dan anggarannya itu, melekat di BPKAD Bombana,” terangnya.

Sebagaimana aturan Permendagri Nomor 77 tahun 2014, ada 10 parpol di Kabupaten Bombana berhak menerima dana Bantuan Parpol, akibat memperoleh kursi di DPRD hasil pemilu 2014 lalu. Mereka masing-masing partai PAN, Golkar,  PPP, PKB, Nasdem, PKS,  PDIP, Gerindra, Hanura dan Demokrat.

“Khusus Partai Nasdem, bantuan dana Parpolnya sudah mereka terima. Parpol ini  adalah partai baru, tidak menggunakan anggaran ditahun sebelumnya,” ungkap Amiruddin. (DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.