Dana Kampanye Pilkada Konsel Rp 2,956 Miliar

KENDARI – Dana Kampanye untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Selatan, masing-masing peserta dibatasi hanya sebesar Rp 2,956 miliar saja. Nantinya, anggaran itu untuk membiayai rapat umum peserta kampanye, pertemuan yang sifatnya terbatas, pembuatan bahan kampanye seperti payung/merchandise, dan jasa konsultan yang digunakan oleh pasangan calon.
“Rp 2,956 miliar itu, untuk membiayai rapat umum seperti kampanye akbar yang anggarannya itu dibatasi Rp 30 ribu/orang sehingga maksimalnya itu Rp 250 juta. Untuk pertemuan terbatas maksimalnya sampai Rp 600 juta, pembuatan merchandise maksimal per itemnya dipatok Rp 25 ribu atau maksimal Rp 1,6 miliar,” jelas Ketua KPU Kabupaten Konawe Selatan, Jabal Nur, saat ditemui di Kendari, Selasa (1/9).
Selain dari item yang telah disebutkan tadi, ada juga pemakaian jasa konsultan politik yang biasanya digunakan oleh pasangan calon untuk melihat elektabilitas serta popularitas dirinya, serta membantu dalam penyusunan strategi kampanye pemenangan pasangan calon tersebut.
“Dan sesuai dengan aturan PKPUnya, untuk pemakaian jasa konsultan ini maksimalnya adalah Rp 350 juta,” ungkapnya.
Sementara, kampanye yang difasilitasi oleh KPU, KPU Konsel menyiapkan Rp 18 miliar, untuk digunakan empat pasangan calon, terdiri dari Rp 1,5 miliar penyiapan alat peraga kampanye (baliho, spanduk, umbul-umbul), serta pamflet, poster, brosur/selebaran, yang nanti akan dibagikan oleh pasangan calon kepada masyarakat.
“Untuk pamflet, poster, brosur/selebaran, KPU menyiapkan 26 ribu lembar untuk masing-masing item itu,” jelasnya. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *