Dana Bansos Rawan Diselewengkan di Arena Pilkada

KENDARI – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 9 Desember 2015 nanti, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kepala daerah yang kembali maju atau kepala daerah yang punya kepentigan terhadap salah satu bakal calon, akan memanfaatkan APBD demi memenangkan pertarungan tersebut.
Penggunaannya pun, dibungkus sedemikian rupa dalam bentuk program pengendalian sosial masyarakat atau bantuan sosial demi menghindari kecurigaan-kecurigaan yang dapat memancing audit atau pun pengawasan dari BPK sendiri.
Divisi Pengawasan Bawaslu Sulawesi Tenggara, Munsir Salam, saat ditemui di kantornya, Selasa (4/8), mengatakan, Bawaslu sudah mengidentifikasi program-program pemerintah daerah di tujuh kabupaten di Sultra yang akan menggelar Pilkada nanti, yang bisa diklasifikasikan sebagai dana bantuan sosial.
“Namun hal itu memang terlihat agak sulit bagi Bawaslu untuk bisa mengakses dokumen APBD. Kemudian nomenclatur APBD itu juga, sangat kreatif sekali dilakukan perubahan oleh pemerintah daerah bersama dengan DPRD. Hal itulah yang membuat Bawaslu kesulitan untuk melacak apakah itu terkualifikasi sebagai bansos atau tidak,” jelasnya.
Jika ditetapkan dalam APBN dan informasi tentang berapa besaran yang diterima, sudah didapatkan dari Bawaslu RI, maka Bawaslu RI akan segera menyerahkannya juga ke masing-masing Bawaslu di Indonesia.
“Jika tahapan di Kementerian dan DPRD itu sudah ada dan memang sudah turun, maka informasinya akan segera diperoleh dari Bawaslu RI. Nantinya akan diserahkan juga ke masing-masing Bawaslu provinsi dan panitia pengawas, untuk diawasi alokasi dari anggarannya,” jelasnya.
Meski begitu, akunya, sudah tidak ada lagi bantuan-bantuan yang terdapat dalam APBD, berbeda dengan sebelumnya. Selain itu juga, dengan adanya indikasi penggunaan dana desa yang akan digunakan dalam pemenangan pada salah satu bakal calon bupati dan wakil bupati nantinya, Bawaslu belum menjadikannya sebagai prioritas karena dana tersebut juga belum di cairkan oleh provinsi,” katanya. (Spt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *