Connect with us

Dana APBN untuk Desa Diperkirakan Cair 2015

Pilkada

Dana APBN untuk Desa Diperkirakan Cair 2015

JAKARTA, SUARAKENDARI.COM. Ini kabar membahagiakan bagi para kepala desa di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Tenggara. Transfer dana APBN untuk desa diperkirakan baru dapat direalisasikan pada tahun 2015 mendatang. Hal ini dikatakan Gamaman Fauzi, Menteri Dalam Negeri Negeri di Jakarta.

Selain transfer langsung dari APBN, dana tambahan juga dimungkinkan dari daerah masing-masing ke desa. Meski, jumlah yang diterima setiap desa tidaklah sama dan sangat bergantung dari luas wilayah dan jumlah penduduk.

Dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sebagai salah satu saluran dana transfer daerah juga sedang dibahas apakah akan diubah menjadi program sendiri atau termasuk dalam anggaran langsung untuk desa tersebut.“Presiden sudah meminta supaya ini dibahas dengan Menteri Keuangan dan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), termasuk perencanaan, karena ada peralihan dari dana kementerian/lembaga ke desa karena banyak yang dialihkan menjadi dana yang digelontorkan ke desa,” kata Gamawan Fauzi.

Seperti diketahui, Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah disahkan DPR RI pada Desember 2013 lalu. Guna mengefektifkan pelaksanaannya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kini tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur operasionalisasi UU Desa. (sumber JPNN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top