Daftar Tunggu PLN Baubau Capai 7000 Pelanggan

SUARAKENDARI.COM-nJumlah daftar tunggu Se-area Baubau  kini mencapai tujuh ribu pelanggan. Daftar tunggi ini telah ada sejak tiga tahun silam dan hingga kini tak pernah habis-habis. Tingginya daftar tunggu pelanggan PLN juga berlaku di kota-kota lain Sulawesi Tenggara, diantaranya Kota Kendari, yang hingga kini tak kunjung habis. Namun PLN area Baubau jumlah daftar tunggu Se-area Baubau seluruhnya dipastikan dapat terpasang, hingga 2016.

Jaminan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat PT PLN area Kota Baubau  memiliki ketersediaan daya listrik sebesar 37,31 MW atau cadangan dayanya 14,81 MW setelah beban pakai pada siang dan malam hari.

Asisten Manajer Bagian Jaringan PLN Area Baubau, La Ode Salimbahu Ambo di Baubau mengungkapkan, beban pakai daya listrik pada malam hari, rata-rata sebesar 22, 5 MW dan beban pakai siang hari 15 MW.

“Ketersediaan Kebutuhan Daya Listrik di PLN Area Baubau, juga cukup melayani daftar tunggu pelanggan dan mendukung permintaan investor, untuk membangun hotel kelas bintang maupun perusahaan berskala besar,” ujarnya.

Salimbahu  mengungkap ketersediaan daya listrik PLN Area Baubau, didukung oleh adanya cadangan PLTU 12,21 MW, PLTD Kaobula 5,4 MW dan beberapa mesin sewa dengan total daya mencapai 20 MW.

Ia menambahkan, PLN Area Baubau, juga melayani kebutuhan listrik masyarakat di wilayah Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Buton Tengah, serta sebagian wilayah Kabupaten Muna dan Muna Barat.

“Dengan ketersediaan cadangan daya tersebut, maka pemadaman diharapkan tidak terjadi, kecuali bila ada gangguan alam seketika maka akan sulit dihindari,” ujarnya. SK/LN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *