Connect with us

Cegah Money Politik, Bawaslu Tingkatkan Pengawasan

Hukum & Kriminal

Cegah Money Politik, Bawaslu Tingkatkan Pengawasan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Jelang pelaksanaan Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 April 2014 mendatang, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkatkan pengawasnnya. Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, Kamis (3/4/2014).

“Kami sadar salah satu pelanggaran yang mungkin terjadi mendekati hari pemungutan suara yakni adanya money politik, sehingga kami menekankan kepada pengawas kami untuk roda mengawasi segala bentuk kecurangan,” katanya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk merebut simpati dari masyarakat pihak Partai Politik (Parpol) akan melakukan berbagai cara termasuk melakukan money politik, bisa saja dengan serangan fajar atau cara lain.

Pihaknya menginginkan agar pemilihan kali ini benar-benar pilihan yang datang dari hati nurani masyarakat dan merupakan pilihan yang akan melakukan perubahan terhadap daerah selama lima tahun kedepan, sehingga pihaknya tidak ingin jika kecurangan dilakukan.

Selain itu juga, pihaknya menghimbau kepada seluruh panwas agar menjelang pemungutan suara dilakukan, para panwas tidak mengaktifkan alat telekomunikasi berupa HP agar bisa konsentrasi untuk melakukan pengawasan.

“Saya sudah menghimbau agar HPnya dimatikan, jangan sampai justru melalui HP akan dipengaruhi sehingga panwas kami tidak konsentrasi dalam menjalankan fungsi pengawasan dilapangan,” tukasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top