Connect with us

Cegah Abrasi, Dishut Kolut Programkan Penanaman Mangrove

Uncategorized

Cegah Abrasi, Dishut Kolut Programkan Penanaman Mangrove

KOLUT,SK.COM- Dalam upaya menekan tingkat abrasi yang masih tergolong tinggi di wilayah pesisir Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Dinas Kehutanan (Dishut) Kolut bakal menggalakkan penanaman Mangrove di wilayah pesisir Kolut. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Dishut Kolut di 2015.

“Program ini akan segera kami realisasikan dalam waktu dekat ini mengingat tingkat abrasi di wilayah pesisir Kolut masih cukup tinggi dan merata di semua tempat,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kolut, Drs Tahrim Hodi MM.

“Untuk lokasi penanamannya nanti, kami sudah mensurvey bebarapa titik di Kecamatan Watunohu, Tiu dan Pakue, namun ada beberapa di Kecamatan Tiu yang akan mendapat perhatian khusus karena tingkat Abrasi yang masih sangat tinggi akibat masih maraknya penebangan mangrove. Ini juga sedang kami awasi karena Mangrove ini sngat dibutuhkan untuk mencegah bencana,” lanjutnya.

Di samping penanaman mangrove, kata dia, saat ini pihaknya juga tengah menggalakkan program penanaman pohon sepanjang 10 kilometer untuk penghijauan dalam kota yang di fokuskan di tepi jalan yang baru rampung pengerjaannya, dengan jenis pohon Mahoni dan Trambesi.

Tahrim mengimbau, kepada seluruh warga Kolut, agar turut berpartisipasi dalam mencegah bencana banjir dan tanah longsong dengan tidak melakukan praktik-praktik illegal logging dan pembalakan liar, teruma di dalam kawasan hutan lindung. mengingat di musim hujan ini, sangat rawan terjadi bencana banjir atapun tanah longsor.

“Dan apabila ditemukan masyarakat yang melakukan praktik-praktik illegal logging dan pembalakan liar, maka akan dikenakan sanksi tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top