Cara Sehat Merawat Bibir Pria

Kesehatan tubuh, peduli dengan apa yang telah Tuhan anugerahkan, termasuk pada bagian tubuh terkecil sekali pun sebut saja bibir manusia seringkali diabadikan kesehatannya oleh kaum pria. Sadarkah Anda? Jika bibir juga memiliki fungsi sama pentingnya dengan bagian tubuh lain.

Seperti kulit sebagai indera peraba, lidah sebagai indera perasa, begitu juga dengan bagian terluarnya yaitu bibir yang membantu Anda untuk makan, berbicara, hingga mencium kekasih Anda. Ada baiknya untuk mulai sedikit memberika perhatian pada bagian bibir ini.

Bibir pecah-pecah

Kondisi bibir kering dan pecah-pecah sering dijumpai pada kalangan pria, karena kebanyakan pria kurang memperhatikan kondisi kesehatan bibirnya. Hal ini dipengaruhi oleh karena kondisi cuaca panas hingga berkurangnya produksi kelenjar minyak.

Mengatasinya cukup mudah, bersihkan bibir dengan menggosoknya menggunakan dengan sikat gigi berbulu lembut setiap kali Anda selesai menyikat gigi. Cara lain adalah dengan banyak mengonsumsi air putih dan jangan menarik baik bibir kering agar tidak berdarah dan infeksi.

Karena paparan sinar matahari

Tak hanya berdampak buruk pada kulit, panas sinar matahari berdampak buruk pada kesehatan bibir. Dan bibir lebih rentan terkena kanker bibir karena bibir tak memiliki lapisan pigmen melanin seperti kulit tubuh, yaitu pigmen yang bertugas untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bahkan kanker bibir lebih sering menyerang kaum pria, karena pria tidak menggunakan lipstik seperti kaum wanita guna melindungi lapisan kulit terluar bibir. Singkirkan mind set jika lipstik hanya boleh dipakai oleh kaum wanita, karena pada dasarnya lipstik diciptakan untuk menyehatkan bibir manusia dengan memberikan asupan vitamin untuk bibir. Solusinya gunakanlah lip balm yang tidak memiliki warna seperti lipstik yang mengandung vitamin E guna menjaga kelembaban bibir.

Sariawan

Sariawan timbul akibat kurang vitamin C dan stres. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Pencegahan lain? Tentu saja jangan stres! Tapi, kalau sudah terjadi cobalah makan cokelat. Karena cokelat dipercaya dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika sariawan masih juga muncul, perbanyaklah untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung banyak vitamin C, serta perbanyaklah istirahat. Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *