Cara Jitu Mengusir Bau Mulut

Bau mulut bisa menurunkan rasa percaya diri, dan membuat orang lain enggan berbicara kepada kita. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut, tetapi umumnya bau mulut dipicu oleh gas yang diproduksi oleh bakteri dan terkumpul dalam rongga mulut di dalam gusi, gigi, atau lidah.

Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut disebut halitosis. Tenang, ada banyak cara untuk mengusir bau mulut, di antaranya dengan rutin melakukan sikat gigi dan menggunakan benang gigi. Tak hanya itu, pembersih lidah juga dapat membantu membersihkan bakteri yang berkumpul di belakang lidah.

Bila tidak mempan juga, coba beberapa cara alami ini:

1. Teh hijau

Konsumsilah teh hijau karena teh yang berkhasiat ini mengandung polifenol yang merupakan antioksidan dan bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi, cobalah menggantinya dengan teh hijau untuk menyingkirkan bau mulut.

2. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat memicu terjadinya periodontitis yang dapat memperburuk kebersihan mulut. Alkohol bisa berpengaruh pada produksi air liur yang dapat menimbulkan semakin cepatnya bakteri berkembang dalam mulut. Mau terhindar dari gangguan mulut?

3. Konsumsi stroberi

Buah stroberi tidak hanya dapat mencegah mulut kering, tetapi juga mengandung vitamin C. Vitamin C membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga Anda bisa mencegah bau mulut tidak sedap. Selain strawberry, konsumsi juga makanan yang kaya vitamin C untuk mengurangi bau mulut.

4. Kumur dengan cuka sari apel

Rasanya memang asam, namun karena itulah cuka sari apel efektif membantu menyembuhkan bau mulut. Anda dapat menambahkan satu sendok cuka sari apel ke dalam segelas air sebelum Anda mulai mengonsumsi makanan.

5. Konsumsi kayu manis

Kayu manis tidak hanya digunakan untuk makanan atau minuman tetapi juga mempunyai kemampuan untuk menyembunyikan bau tidak sedap di mulut. Aromanya yang kuat juga dapat membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap. Anda dapat memasukkan kayu manis ke dalam secangkir teh untuk menghilangkan bau mulut.

Selain beberapa cara di atas, perbanyak minum air putih untuk membantu mengurangi bau tak sedap dari mulut.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Sumber: http://meetdoctor.com/ (mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *