Connect with us

Capilduk Muna Bebaskan Biaya Pembuatan KTP

Uncategorized

Capilduk Muna Bebaskan Biaya Pembuatan KTP

RAHA, SUARAKENDARI.Com- Janji Kadis Capilduk Kabupaten Muna Samurabi, SH akan memberlakukan UU No 24/2013 Mulai diterapkan. Dengan diberlakukannya UU terseebut, maka isu terjadi pungli dalam pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh para oknum di Dinas Capilduk Kabupaten Muna , tidak terjadi lagi.

Pasalnya,selain dilakukan pengawasan kerja terhadap petugas Capilduk melalui delapan kamera pengintai atau CCTV,Dinas Capilduk Muna juga telah mengumumkan pembebasan biaya pengurusan administrasi kependudukan,mulai dari penerbitan KTP,akte kelahiran,akte kematian,akte pernikahan,kartu keluarga dan sejumlah dokumen kependudukan lainnya

Kepada sejumlah media di Raha Kedis Capilduk Muna Samurabi, S menegaskan, bahwa pembebasan biaya tersebut sebagai konsekwensi diberlakukannya UU No 23 tahun 2006, tentang administrasi kependudukan yang telah diperbaharui dengan UU No 24 tahun 2013. “Mulai hari ini (Selasa tanggal 4 Februari_red) sudah tidak ada lagi pungutan dalam bentuk apapun,baik dalam penerbitan data kependudukan maupun pengesahannya,”jelas Samurabi.

Dengan diberlakukannya aturan tersebut, maka Dinas Capilduk Kabupaten Muna tidak lkagi menjadi instansi penyumbang PAD untuk Pemkab Muna. “Tahun 2013 lalu,PAD Capilduk mencapai Rp 600 juta,sekarang sudah tidak bisa lagi menghasilkan PAD karena adanya aturan baru ini,”tambah mantan Kadis BPMD dan BKD Kabupaten Muna ini..

Larangan pungutan biaya tersebut telah diatur dalam Permendagri No 900/326/SJ/2014 dimana salah satu poinnya memuat larangan memungut biaya dalam pelayanan data kependudukan. Jika ada oknum yang berani melanggar aturan tersebut maka sanksinya adalah pidana penjara lima tahun dan denda Rp 75 juta.

Dengan berlakunya UU No 24 tersebut lanjut Samurabi,maka penganggaran intsnasi Dinas Capilduk Muna tak lagi melalui APBD Muna tetapi melalui APBN. “Insya Allah dalam perubahan anggaran tahun 2014 sudah diisyaratkan akan menggunakan anggaran dari APBN,”pungkasnya. (Tri)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top